Kamis 04 Mar 2021 00:34 WIB

Kans Wan-Bissaka ke Timnas, Ole Enggan Pengaruhi Southgate

Solskjaer tak mau memengaruhi penilaian Southgate terhadap kemampuan Wan-Bissaka.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Aaron Wan-Bissaka dari Manchester United (depan).
Foto: Michael Regan / Pool via AP
Aaron Wan-Bissaka dari Manchester United (depan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, menegaskan, tidak mau memengaruhi pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, terkait kemungkinan pemanggilan Aaron Wan-Bissaka ke skuad the Three Lions di putaran final Piala Eropa 2020. Solskjaer menyerahkan sepenuhnya keputusan itu kepada Southgate.

Pada musim keduanya memperkuat United, Wan-Bissaka dinilai mampu tampil dengan konsisten. Pemain berusia 23 tahun itu pun menjadi pilihan utama Solskjaer dalam mengawal sisi kanan pertahanan United.

Di pentas Liga Primer Inggris, pemain yang direkrut United dari Cyrstal Palace pada awal musim lalu itu hanya absen di dua laga lantaran sempat mengalami cedera. Bahkan, dari 25 penampilan di pentas Liga Primer Inggris musim ini, Wan-Bissaka tampil sebagai starter pada 24 laga.

Secara keseluruhan, Wan-Bissaka telah tampil di 36 laga dan mencetak dua gol serta tiga assist di semua ajang pada musim ini. Catatan penampilan Wan-Bissaka ini diprediksi bertambah dan melampui catatan performanya pada musim lalu, saat mengemas 46 laga di semua ajang.

Performa apik Wan-Bissaka di posisi bek kanan United pun membuat pemain keturunan Kongo itu layak disertakan dalam skuad timnas Inggris yang tampil di putaran final Piala Eropa 2020, yang bakal digelar pada pertengahan tahun ini. Namun, Solskjaer tidak mau memengaruhi penilaian Southgate terhadap kemampuan Wan-Bissaka.

''Saya tidak mau mengambil alih pekerjaan Gareth (Southgate). Gareth memiliki banyak pilihan pemain bagus, itu jika dia menyukai gaya permainan mereka. Saya tidak akan mengatakan apa yang harus dilakukan atau apa yang jangan dilakukan Gareth,'' ujar Solskjaer seperti dilansir laman resmi klub, Rabu (3/3).

Kendati begitu, seperti halnya Luke Shaw dalam mengawal sisi kiri pertahanan United, pelatih asal Norwegia itu juga mengaku puas dengan kinerja Wan-Bissaka dalam menjaga sisi kanan pertahanan Iblis Merah.

Kedua pemain tersebut, ujar Solskjaer, menunjukan perkembangan yang pesat pada musim ini. ''Saya rasa, dua full back yang saya miliki telah tampil dengan baik. Saya senang dengan kinerja mereka. Peningkatan perkembangan permainan keduanya terlihat begitu jelas pada musim ini,'' kata Solskjaer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement