Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Vaksinasi Covid-19 Secara Drive-Thru, Begini Caranya

Rabu 03 Mar 2021 14:27 WIB

Red: Friska Yolandha

Vaksinasi Covid-19 menyasar kategori usia lanjut atau lansia melalui sistem drive-thru akhirnya resmi dijalankan Rabu (3/3) di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran.

Vaksinasi Covid-19 menyasar kategori usia lanjut atau lansia melalui sistem drive-thru akhirnya resmi dijalankan Rabu (3/3) di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran.

Foto: FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO
Penerima vaksin drive-thru wajib memiliki KTP DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksinasi Covid-19 menyasar kategori usia lanjut atau lansia melalui sistem drive-thru akhirnya resmi dijalankan, Rabu (3/3), di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran, DKI Jakarta. Program ini merupakan sebagai bagian dari strategi vaksinasi di Indonesia.

"Strategi vaksinasi disusun empat, pertama, berbasis fasilitas kesehatan, kemudian berbasis institusi, berbasis tempat seperti vaksinasi massal di gedung-gedung dan bergerak seperti drive-thru, saya kira ini inovasi," ujar Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonowu, dalam peresmian pusat pelayanan vaksinasi Covid-19 melalui drive-thru di JIExpo Kemayoran, Rabu.

Program yang dilakukan perdana dan menyasar mereka yang masuk kategori lanjut usia (lansia) ini berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran, Rumah Sakit Hermina, dan penyedia jasa layanan kesehatan daring Halodoc. Dalam pelaksanaannya, lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa memanfaatkan layanan aplikasi Halodoc untuk mengatur jadwal vaksinasi yang tersedia mulai Selasa ini di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran.

Baca Juga

Sesampainya di lokasi (dibuka pukul 9.00-16.00 WIB), mekanisme vaksinasi dilakukan melalui empat pos, yang dimulai dari pemeriksaan booking pada aplikasi Halodoc sehingga tidak memungkinkan calon penerima vaksin langsung datang tanpa membuat janji. Mereka yang akan menerima vaksin juga akan dipastikan memiliki KTP DKI Jakarta.

Selanjutnya, calon penerima vaksin akan melaju ke pos 2 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, suhu tubuh, tingkat saturasi oksigen, dan penyakit komorbid. Berikutnya, calon penerima akan melaju ke pos 3 untuk divaksin. Pihak penyelenggara program menyediakan enam jalur vaksinasi untuk mobil dan 2 jalur untuk motor. Bagi pengendara motor, petugas kesehatan akan meminta calon penerima vaksin turun dari kendaraannya.

Baca juga : 500 Pengurus MUI akan Divaksin Covid-19

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA