Rabu 03 Mar 2021 13:53 WIB

Wapres Minta Pemda Jatim Maksimalkan Kawasan Industri Halal

pembangunan Kawasan Industri Halal perlu dipastikan fasilitas-fasilitas pendukungnya.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar pembangunan kawasan industri halal (KIH) maupun zona halal di kawasan industri yang sudah ada di berbagai daerah dilakukan secara maksimal. Secara khusus, permintaan Wapres itu ditujukan ke KIH yang telah ditetapkan Kementerian Perindustrian berlokasi di Sidoarjo, Jawa timur yaitu SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP).

Selain, kawasan industri lainnya yang telah ditetapkan sebagai kawasan industri halal oleh Kementerian Perindustrian adalah Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten. Wapres meminta agar Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyelesaikan pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH) serta memastikan fasilitas-fasilitas pendukungnya.

Baca Juga

“Saya mengharapkan Pemerintah Daerah Jawa Timur dapat segera mendorong agar semua fasilitas yang dibutuhkan di dalam suatu kawasan industri halal dapat segara terpenuhi,” kata Wapres saat menghadiri Webinar UIN Sunan Ampel Surabaya bertajuk 'Menyongsong Industri Halal Jawa Timur' secara daring, Rabu (3/3).

Ma'ruf menjelaskan, berbagai fasilitas pendukung yang harus disediakan di KIH tersebut antara lain lembaga pemeriksa halal, penyelia halal, laboratorium halal, instalasi pengolahan air baku halal, serta layanan keuangan syariah.

Sebab, kata Ma'ruf, pengembangan kawasan industri halal tidak berhenti setelah ditetapkan. Tetapi justru, tantangan sesungguhnya adalah pascapenetapan dan pembentukan KIH. "Bagaimana upaya segera mengisi kawasan industri halal ini dengan berbagai produsen industri produk halal. Inilah tantangan yang sesungguhnya," kata Ma'ruf.

Namun, ia menilai Provinsi Jawa timur memiliki daya saing industri karena tersedianya SDM yang baik, sumber daya alam yang melimpah, serta tersedianya infrastruktur jalan, pelabuhan dan bandara yang memadai.

Selain itu, Wapres juga berharap pemerintah daerah Jawa Timur terus aktif dalam mempromosikan kawasan industri halal di Sidoarjo serta memberikan berbagai kemudahan agar para investor dapat segera beroperasi di kawasan tersebut.

Sebab, ia menilai berkembangnya kawasan industri halal di Sidoarjo menjadi faktor penarik berkembangnya layanan keuangan syariah maupun berkembangnya usaha syariah di wilayah Jawa Timur. "Pembangunan Halal Industrial Park (HIP) di Sidoarjo patut disyukuri, khususnya bagi warga Jawa Timur sebab akan menjadi salah satu halal product hub di Indonesia," kata Ma'ruf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement