Selasa 02 Mar 2021 14:46 WIB

Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Wisata Sepeda

Bersepeda ke beberapa tempat baru kini kian diminati.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Bersepeda ke beberapa tempat baru kini kian diminati.
Foto: Pixabay
Bersepeda ke beberapa tempat baru kini kian diminati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemandangan para pesepeda berlalu lalang kerap kita lihat akhir-akhir ini, terutama semenjak pandemi Covid-19. Orang-orang banyak memanfaatkan waktu akhir pekannya untuk bergerak bersepeda untuk menjaga imunitas tubuhnya. 

Namun pada kenyataannya, bersepeda tak hanya dipergunakan untuk berolahraga saja. Sebuah komunitas bernama Club Bike Bike yang berbasis di Jakarta memiliki inisiatif untuk bersepeda sekaligus rekreasi. Seringnya, mereka bergerak saat akhir pekan untuk bersepeda ke beberapa tempat baru untuk dijelajahi. 

Baca Juga

Founder Club Bike Bike, Mariken Lybia menjelaskan mengenai detil persiapan pada sepeda, jika hendak menggowes jarak puluhan kilometer. Sebenarnya, jenis sepeda yang dipilih biasanya disesuaikan dengan peruntukan pada habitatnya.

"Misalnya, jika kita lebih sering ingin riding ke gunung, maka mountain bike lebih cocok digunakan. Sebab, mountain bike memang didesain khusus bersepeda di pegunungan, sehingga nyaman untuk digunakan," kata laki-laki yang akrab disapa Kenly itu. 

Berbeda jika kita lebih ingin gowes di jalanan aspal atau jalan raya. Dia menyarankan untuk memilih roadbike atau fixed gear.

Namun demikian, laki-laki berusia 35 tahun itu mengatakan, tidak bisa dimungkiri jika kita nyaman dengan apapun sepeda yang kita punya maka dia pun mempersilakan untuk digunakan.

"Karena semua kembali lagi ke si pemakai sepeda tersebut,” jelas dia. 

Lalu, sebagai pemakai sepeda, penting bagi kita untuk selalu mengecek sepeda kita secara berkala. Misalnya mengecek tekanan angin, rem, melumasi rantai dengan pelumas rantai, mengecek baut-baut yang kendor, dan lain-lain.

 

Oleh karena kita tidak pernah mengetahui apa saja yang akan kita hadapi pada saat riding, maka penting bagi kita minimal untuk melakukan pengecekan-pengecekan tersebut secara berkala agar kita merasa aman dalam bersepeda. Terlebih jika sepeda digunakan setiap hari.

Karena pengalamannya menjelajahi berbagai tempat-tempat baru yang berjarak puluhan kilometer bahkan ratusan kilometer, Kenly menyebut berwisata dengan bersepeda sangat bisa dilakukan oleh masyarakat. 

“Sangat bisa. Kami banyak melakukan berkemah atau sekedar riding ke tempat-tempat yang pemandangannya bagus,” kata dia.

Mengutip instagram komunitas tersebut, @club.BikeBike, komunitas itu telah banyak menjelajahi beberapa tempat dengan menggunakan sepeda. Mulai perjalanan dari Jakarta menuju berbagai desa dan gunung di Bogor dan sebaliknya, dan bahkan dari Jakarta sampai dengan Purwakarta dengan total perjalanan sepeda sekitar 170 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement