Selasa 02 Mar 2021 12:35 WIB

Cara Live Video di Instagram Bersama 4 Orang

Inatagram menambahkan fitur live di Instagram untuk 4 akun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram Live Rooms membuka ruang streaming video hingga empat orang dalam satu siaran. Perusahaan menggandakan jumlah peserta karena layanan seperti Clubhouse dan Twitter Spaces mendapatkan daya tarik.

Meskipun tidak selalu dianggap sebagai saingan eksplisit dari Clubhouse yang berfokus pada audio baru-baru ini, Instagram Live Rooms akan membuat siaran bersama jauh lebih mudah.

Baca Juga

“Kami berharap penggandaan di Live akan membuka lebih banyak peluang kreatif-memulai acara bincang-bincang, mengadakan jam session atau berkreasi bersama dengan artis lain, mengadakan tanya dan jawab atau tutorial yang lebih menarik dengan pengikut Anda atau sekadar bergaul dengan lebih banyak teman,” kata perusahaan, dilansir dari Slashgear, Selasa (2/3).

Seseorang bisa memulai siaran dengan mudah.

  1. Dari lini masa utama, geser layar ke arah kanan dan akan menampilkan opsi kamera Live, tekan tombol lingkaran untuk memulai Live.
  2. Pengguna dapat mengajak orang lain dengan melihat daftar teman yang meminta untuk bergabung live atau siaran langsung.
  3. Peggguna juga bisa menelusuri nama pengguna tertentu untuk ikut berbagung.
  4. Penyiar dapat menambah dan menghapus teman yang bergabung. Teman yang berbagung juga dapat menarik diri dari Live Room sendiri- dengan pemberitahuan opsional untuk setiap pengikut peserta.

Adapun untuk memoderasi video tersebut, Instagram mengatakan siapa pun yang diblokir oleh salah satu peserta aktif di Live Rooms tidak akan dapat menontonnya. Demikian pula, siapa pun yang aksesnya langsung dicabut karena melanggar Pedoman Komunitas juga tidak dapat bergabung di Live Rooms. Alat memoderasi Live yang sudah ada seperti melaporkan dan memblokir komentar, serta filter komentar, juga akan berlaku untuk Live Rooms.

Di masa mendatang, sementara itu, Instagram berjanji akan ada lebih banyak kontrol moderator dan fitur audio.

Instagram Live, yang diluncurkan kembali pada 2016, diperbarui pada akhir 2017 dengan dukungan untuk siaran layar terpisah dengan dua orang. Seperti video Live individu, rekaman ditampilkan secara real-time tetapi juga dapat disimpan dan ditambahkan sebagai pemutaran ulang Instagram Story.

Empat tahun kemudian, Instagram sekarang meningkatkan batas total peserta menjadi empat, yakni pada dasarnya pengguna dan hingga tiga temannya. Fitur baru ini hadir setelah Kepala Instagram Adam Mosseri menaikkan ekspektasi kemarin untuk pengumuman baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement