Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Ini Janji Bupati Sukabumi Setelah Resmi Dilantik Gubernur

Senin 01 Mar 2021 23:32 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat pelantikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat pelantikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
Pembangunan sektor agrobisnis dan pariwisata menjadi unggulan Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Proses serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi digelar di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Senin (1/3). Dalam kesempatan itu Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang baru dilantik menargetkan pembangunan sektor agrobisnis dan pariwisata yang jadi unggulan Sukabumi.

Hal ini disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam kegiatan serah terima jabatan dari Plh Bupati Sukabumi Zainul S kepada Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi, Senin (1/3). Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Iyos Somantri di Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (26/2) lalu.

Marwan menuturkan, misi pertama pemerintahannya yakni membangun sumber daya manusia (SDM) yang beriman, berbudaya dan berdaya saing. Harapannya Kabupaten Sukabumi bisa bersaing secara regional, nasional, maupun internasional dengan meningkatkan SDM dan menyongsong Indonesia emas 2045. Salah satunya lewat beasiswa dan sekolah gratis. 

Baca Juga

"Sejalan dengan misi kedua ialah meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan," ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Senin. 

Hal tersebut diwujudkan dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan. Misi kedua ini kata Marwan, ditopang juga oleh sektor pertanian. Salah satunya dengan membuka pasar tani hingga koperasi pertanian dan semua ini untuk menyejahterakan masyarakat.

Misi ketiga ialah meningkatkan konektivitas untuk percepatan pertumbuhan wilayah. Dalam misi ke tiga ini, Marwan ingin mengkonektifitaskan jalur tengah, utara, dan selatan. Hal itu agar akses masyarakat tidak terganggu.

Sementara misi ke empat ialah meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inovatif, profesional, dan akuntabel. Berkaitan hal tersebut Marwan telah menekankan semua perangkat daerah untuk menjaga integritas dan lebih profesional.

Selain misi, Marwan dan wakilnya membawa visi terwujudnya Kabupaten Sukabumi religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin. Visi tersebut didukung empat misi untuk memajukan Kabupaten Sukabumi. "Berbagai visi misi tersebut akan diawali dengan program 100 hari kerja," cetus Marwan. 

Terutama yang menyangkut program prioritas pembangunan, baik dari segi SDM, kesehatan, maupun pemberdayaan. Program yang mulai di sosialisasikan kata Marwan ialah dokter masuk kampung. Sehingga, tugas dokter di wilayah tidak hanya menunggu di puskesmas, namun para dokter ini mobile ke tempat orang yang sakit atas laporan RT/RW.

Selain itu, di 2021 ini Pemkab Sukabumi telah menggenjot pembangun infrastuktur perkantoran. Hal itu agar semua perangkat daerah berada di satu gedung yang sama di Palabuhanratu.

Kegiatan sertijab tersebut dirangkaikan pula dengan pelantikan sekaligus serah terima jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sukabumi dari Zainul S kepada Barnas Adjidin. Pelantikan dan serah terima jabatan tersebut karena aturan yang membatasi maksimal jabatan Pj Sekda maksimal enam bulan.n riga nurul iman

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA