Selasa 02 Mar 2021 00:26 WIB

Porsche akan Kembangkan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Bahan bakar sintetik mampu membuat mesin biasa menjadi lebih ramah lingkungan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Porsche 911.
Foto: àutocar
Porsche 911.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART--Sejumlah pabrikan menilai masa depan internal combustion engine (ICE) akan pupus. Karena, mesin konvensional itu perlahan akan digeser oleh mesin elektrik yang lebih ramah lingkungan.

Tapi, ternyata Porsche melihat bahwa mesin konvensional masih memiliki masa depan. Dilansir dari Green Car Reports pada Senin (1/3), Porsche menilai  mesin konvensional masih memiliki masa depan karena masih berpeluang untuk dapat menjadi mesin yang ramah lingkungan.

Baca Juga

Hal itu sendiri dapat dicapai dengan penggunakan bahan bakar sintetik. Artinya, bahan bakar itu tak lagi dibuat dari material fosil dan tak lagi menghasilkan emisi gas buang.

Pabrikan Jerman itu menilai, penggunanaan syntetic fuel mampu membuat mesin ICE menjadi mesin yang ramah lingkungan seperti mesin berbasis baterai.

Porsche Vice President of Motorsport and GT Cars, Frank Walliser mengatakan, Porsche akan mulai untuk menguji bahan bakar sintetik itu pada tahun depan.

Pada tahap awal, ia meyakini bahan bakar tersebut mampu menekan emisi karbon dioksida hingga 85 persen. Menurutnya, bahan bakar ini dapat diterapkan pada produk-produk Porsche tanpa harus melakukan modifikasi mesin.

Sebenarnya, terobosan soal bahan bakar sintetik ini bukanlah hal baru. Karena, sejumlah jenama lain seperti BMW dan McLaren juga menilai bahwa bahan bakar ini bisa menjadi salah satu cara dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement