Senin 01 Mar 2021 17:03 WIB

Pompeo Klaim Orang Saudi Ingin Normalisasi dengan Israel

Arab Saudi menegaskan kebijakannya tidak menjalin hubungan dengan Israel.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pompeo Klaim Orang Saudi Ingin Normalisasi dengan Israel. Mantan menteri luar negeri AS Mike Pompeo.
Foto: AP/Patrick Semansky/AP POOL
Pompeo Klaim Orang Saudi Ingin Normalisasi dengan Israel. Mantan menteri luar negeri AS Mike Pompeo.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan banyak orang di Arab Saudi menginginkan hubungan normal dengan Israel. Ia menyuarakan harapan kerajaan akan bergabung dengan Perjanjian Abraham yang disepakati selama pemerintahan Donald Trump.

Pompeo, yang menjabat sebagai direktur CIA dan diplomat top Trump, membuat komentar dalam rekaman video pidato untuk Gerakan Antisemitisme Tempur, yang akan memberinya Penghargaan Kepemimpinan Global perdana pada Senin.

Baca Juga

Di bawah Perjanjian Abraham yang ditengahi oleh Trump tahun lalu, empat negara mayoritas Arab, yakni Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Maroko, dan Sudan setuju menjalin hubungan dengan Israel. Pers Israel dipenuhi dengan spekulasi tentang negara-negara Arab lain yang tertarik bergabung dengan pakta tersebut. Kekuasaan Arab Saudi yang luas dianggap sebagai hadiah utama untuk negara Yahudi tersebut.

"Memprediksi masa depan telah membuktikan perjuangan bagi saya," kata Pompeo dalam sambutannya. 

 

Dia berpikir akan lebih banyak lagi negara akan mencari hubungan dengan Israel. "Saya berharap Kerajaan Arab Saudi dapat menemukan jalannya untuk bergabung dengan Perjanjian Abraham. Saya tahu banyak orang di negara itu menginginkan hal itu terjadi," katanya, dilansir dari Al Araby, Senin (1/3).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement