Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Mandiri Sekuritas Hadirkan SR014 untuk Investor Milenial

Senin 01 Mar 2021 16:52 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha

Sukuk Ritel. Mandiri Sekuritas turut mendukung perekonomian nasional dengan menghadirkan instrumen investasi Pemerintah Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) seri SR014.

Sukuk Ritel. Mandiri Sekuritas turut mendukung perekonomian nasional dengan menghadirkan instrumen investasi Pemerintah Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) seri SR014.

Foto: Tim Infografis Republika.co.id
SR014 menawarkan kupon 5,47 persen per tahun dengan tenor selama 3 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandiri Sekuritas turut mendukung perekonomian nasional dengan menghadirkan instrumen investasi Pemerintah Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) seri SR014. Sukuk ritel SR014 ditawarkan kepada investor domestik untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus memperluas basis investor dalam negeri.

Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan nilai investasi SR014 yang terjangkau dapat menjadi pilihan menarik bagi generasi milenial yang ingin mulai berinvestasi. Pembelian minimum SR014 dimulai dari Rp 1 juta berlaku kelipatan dengan maksimum pembelian sebesar Rp 3 miliar.

Secara komposisi, sekitar hampir 70 persen nasabah Mandiri Sekuritas didominasi oleh generasi milenial atau nasabah yang lahir di rentang tahun 1980-2000. Sementara itu, partisipasi nasabah milenial yang membeli produk-produk Surat Berharga Negara (SBN) di Mandiri Sekuritas mencapai 80 persen.

Baca Juga

Dengan berinvestasi pada produk SR014, Theodora mengatakan masyarakat secara langsung berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasiona. Sebabnya seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Hasil dari penerbitan sukuk akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, jalur kereta, serta fasilitas pendidikan, seperti membangun kampus dan fasilitas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia," kata Theodora melalui keterangan resmi, Senin (1/3). 

SR014 ditawarkan mulai 26 Februari 2021 sampai 17 Maret 2021. SR014 menawarkan imbal hasil tetap sebesar 5,47 persen per tahun dengan tenor selama 3 tahun dan jatuh tempo pada 10 Maret 2024. Imbal hasil atau kupon ini akan dibayarkan secara rutin tiap bulan dan pembayaran pertama pada 10 April 2021 (short coupon). 

Sebagai instrumen investasi berbasis syariah, SR014 menggunakan akad ijarah-asset to be leased. Dalam akad ini, dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Imbal hasilnya didapat dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

SR014 juga memiliki fleksibilitas karena dapat diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder dengan periode penyimpanan minimum (holding period) selama tiga kali pembayaran imbal hasil. Perdagangan atau pengalihan kepemilikan SR014 dapat dilakukan mulai tanggal 11 Juni 2021 atau setelah berakhirnya holding period yang ditetapkan.

SR014 dijamin oleh negara, sehingga aman, halal, dan layak dijadikan pilihan diversifikasi dalam mengelola aset investasi. Nasabah Mandiri Sekuritas dapat berinvestasi dan membeli produk SR014 secara aman dan mudah melalui sbn.most.co.id.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA