Senin 01 Mar 2021 16:26 WIB

Donald Trump Beri Sinyal akan Kembali Maju Pilpres AS 2024

Donald Trump kembali menyebar klaim palsu mengenai kecurangan dalam pemilu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Mantan Presiden AS, Donald Trump
Foto: AP
Mantan Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi sinyal akan maju dalam pemilihan presiden 2024. Dalam pidato pertamanya sejak meninggalkan Gedung Putih, Trump juga menyerang Presiden Joe Biden dan kembali menyebar klaim palsu mengenai kecurangan dalam pemilu.

Pidato di Konferensi Aksi Politik Konservatif AS di Florida ini menjadi pidato pertama Trump setelah enam pekan. Ia berjanji akan membantu Partai Republik untuk kembali menjadi mayoritas di House of Representative dan Senat pada tahun 2022.

Baca Juga

Partai Republik kehilangan suara mayoritas di dua lembaga legislatif itu saat Trump menjadi presiden.  Ia juga memberi sinyal akan maju lagi dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.  

"Dengan bantuan kalian, kami akan merebut kembali House, kami akan kembali memenangkan Senat dan lalu presiden dari Partai Republik akan membawa kembali kemenangan ke Gedung Putih, saya bertanya-tanya siapa itu, siapa, siapa saya ingin tahu," katanya sambil tersenyum, Ahad (28/2).

Selama berpekan-pekan Trump tidak tampil di hadapan publik karena marah dengan sekelompok anggota Kongres dari Partai Republik yang mendukung pemakzulannya. Walaupun Senat membebaskan mantan presiden itu dari dakwaan menghasut pendukungnya untuk menyerang Capitol Hill pada 6 Januari lalu.

Ia menyerang para anggota Partai Republik itu secara langsung dengan menyebut nama mereka. Trump menyerang Senator Mitt Romney dan Patt Toomey serta anggota House Liz Cheney dan Adam Kinzinger. Trump mengindikasi akan mendukung kandidat calon presiden Partai Republik yang melawan orang-orang itu.

"Singkirkan mereka semua," katanya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement