Senin 01 Mar 2021 13:52 WIB

Apple Ungkap Buruknya Skor Kemampuan Reparasi iPhone dan Mac

iPhone dengan peringkat teratas dalam hal kemudahan perbaikan adalah iPhone 7.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
iPhone 7 warna Jet White.
Foto: Mashable
iPhone 7 warna Jet White.

REPUBLIKA.CO.ID, PRANCIS—Apple telah mengungkapkan peringkat kemampuan perbaikan untuk berbagai model MacBook dan iPhone. Informasi peringkat ini untuk mematuhi undang-undang “hak untuk memperbaiki” di Prancis.

Dilansir dari Betanews, Senin (1/3), peringkat tersebut didasarkan pada analisis tentang betapa mudahnya membongkar perangkat, betapa mudahnya mendapatkan suku cadang dan ketersediaan dari perbaikan manual. Ide di balik pemeringkatan adalah untuk memberi orang gambaran tentang seberapa besar kemungkinan mereka akan dapat memperbaiki masalah sendiri dan skor Apple yang rendah menunjukkan perbaikan di rumah dapat dikesampingkan secara keseluruhan.

Baca Juga

Situs web Prancis Mac Generation mengungkapkan iPhone dengan peringkat teratas dalam hal kemudahan perbaikan adalah iPhone 7. Dengan skor hanya 6,7 dari 10, bahkan ini bukan yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai peringkat kemampuan perbaikan yang tinggi. Faktanya ini adalah yang tertinggi, yang sedikit menyedihkan bagi siapa saja yang menyukai gagasan untuk memperbaiki sesuatu untuk diri mereka sendiri.

iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max saat ini semuanya menerima peringkat enam dari 10. Peringkat terendah 4,5 diberikan untuk iPhone XR dan iPhone 11 Pro Max.

Bagi pemilik laptop, beritanya tidak jauh lebih baik. Berbagai model MacBook Pro dan MacBook Air juga menerima skor rendah. MacBook Air M1 baru memiliki peringkat 6,5 dari 10, sedangkan MacBook Pro M1 13 inci yang baru mendapatkan skor 5,6 dari 10. Model dengan kinerja terburuk adalah seri antara MacBook Pro 2018 dan model M1, dan yang terbaik adalah MacBook Air 2017 dengan skor tujuh dari 10.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement