Senin 01 Mar 2021 08:15 WIB

Satgas: Banyak Kementerian Berdebat Soal Pelacakan Covid-19

Kepala Satgas menginstruksikan turun ke lapangan dan berkoordinasi di lapangan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Kepala Satgas Doni Monardo menginstruksikan turun ke lapangan dan berkoordinasi di lapangan.
Foto: BNPB
Kepala Satgas Doni Monardo menginstruksikan turun ke lapangan dan berkoordinasi di lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah kini tengah menggencarkan upaya testing atau tes, tracking atau pelacakan, dan treatment atau isolasi untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan mengajak berbagai kementerian/lembaga membuat permodelan. Namun, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mengakui antarkementerian masih berdebat ketika mendiskusikan masalah 3T yaitu pelacakan.

Ketua Subbidang Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19/Koordinator Tim Supervisi PPKM Mikro Koesmedi Priharto mengutip pernyataan presiden Joko Widodo yaitu perlunya tracking dan testing secara masif. Akhirnya pemerintah membuat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala Mikro (PPKM Mikro) di tingkat pedesaan ataupun di tingkat kampung.

Baca Juga

"Setelah menjalani, kami tahu ada beberapa permasalahan dan kami berkesimpulan diperlukan pemberdayaan masyarakat karena kami menyadari bahwa kesehatan tidak mampu menyelesaikan semuanya sendiri," ujarnya saat berbicara di konferensi virtual BNPB bertema "Perkembangan PPKM Mikro dan Pelepasan Tim Supervisi Tujuh Provinsi", Ahad (28/2) sore.

Artinya, dia melanjutkan, butuh budaya gotong royong untuk bersama-sama menuntaskan Covid-19. Oleh karena itu, dia melanjutkan, Satgas Penanganan Covid-19 berkoordinasi dengan banyak kementerian, TNI/polri dan masyarakat, baik di desa atau perkampungan untuk melaksanakan 3T. Kemudian banyak kementerian bergerak untuk membuat model mengenai masalah ini. Harapannya bisa menjadi sebuah model untuk menghadapi Covid-19.

"Tetapi ketika dilakukan koordinasi di tingkat meja atau gedung ternyata banyak hal tidak ketemu, banyak perdebatan," ujarnya.

Oleh karena itu, dia melanjutkan, Kepala Satgas Doni Monardo menginstruksikan turun ke lapangan dan berkoordinasi di lapangan. Sehingga, pihaknya dari jauh melihat teman-teman di lapangan berkoordinasi.

Ia menambahkan, koordinasi dilakukan antara Satgas dengan Babinsa, Babinkamtibmas, pak lurah, RT, RW. Pihaknya juga mengajak Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), persatuan epidemiologi, litbangkes, bidang perubahan perilaku untuk membuat permodelan di lapangan. Kemudian, permodelan ini akan disebarkan kepada semua masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement