Sekolah Semesta Semarang Gelar Pelatihan bagi Pendidik

Red: Fernan Rahadi

Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang
Sekolah Semesta Bilingual Boarding School Semarang | Foto: http://www.semestaschool.sch.id

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Salah satu sekolah unggulan di Kota Semarang, Semesta Bilingual Boarding School, menggelar program ‘Semesta Berkontribusi Untuk Negeri’. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua bulan mulai Maret-April 2021, tiap hari Sabtu dan Ahad ini, akan memberikan pembekalan kepada para pendidik atau guru, orang tua, dan siswa tentang tips-tips menghadapi masalah pembelajaran daring di masa pandemi.

Program ini dilatarbelakangi adanya berbagai masalah yang dihadapi oleh lembaga pendidikan, guru dan orang tua dalam pembelajaran di masa pandemi. Misalnya, terkait kesiapan penggunaan teknologi yang menjadi keniscayaan agar proses belajar mengajar tercapai sesuai dengan harapan.

"Pandemi ini menjadi masalah dalam kegiatan belajar mengajar. Kondisi ini tidak hanya terjadi di indonesia, tidak semua sekolah siap, karena menuntut penguasaan teknologi. Tetapi semuanya harus mampu menyesuaikan diri," kata Kepala Sekolah SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, Didin Sopandi dalam konferensi pers Semesta Berkontribusi Bagi Negeri, Sabtu (27/2).

Kegiatan ini berisi sejumlah aktivitas daring seperti webinar, workshop dan preview class yang ditujukan bagi kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Program yang sepenuhnya bebas biaya atau gratis ini diharapkan akan membuka kerjasama sekolah-sekolah dengan Sekolah Semesta untuk membuat perubahan yang baik di era pembelajaran daring.

"Kami harapkan program yang pertama kali digagas ini akan diikuti oleh teman-teman kita baik guru maupun lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Kita buka seluas-luasnya untuk ikut kegiatan yang sepenuhnya bebas biaya ini," kata Didin.

Program yang digelar setiap Sabtu dan Ahad ini bakal dimulai pada 12 Maret 2021 hingga 23 April 2021. Beberapa materi yang akan diberikan kepada para peserta antara lain, parenting, soft skill orang tua, teknologi atau IT, digital integrated classroom, pengembangan skill guru (character building) dan pengembangan diri siswa, juga pelatihan leadership bagi guru.

"Sementara untuk preview class masing-masing tentang tips efektif belajar pelajaran sains, tips efektif belajar pelajaran sosial, membangun prestasi belajar dan english session communication skill," ujar School Counselor Sekolah Semesta,  Anisa Handayani.

Semesta Berkontribusi Untuk Negeri akan menghadirkan pembicara dari civitas akademika Sekolah Semesta, baik dari guru, alumni maupun orang tua yang sudah berpengalaman. Pembicara sengaja dihadirkan dari pihak guru, alumni dan orang tua agar pembahasan yang disuguhkan lebih real dan lebih kontekstual sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Selain itu dalam program ini akan dihadirkan juga pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya masing-masing sehingga peserta dapat langsung berkonsultasi dan berdiskusi terkait dengan permasalahan yang ada.

"Besar harapan kami agar program ini bisa tersosialisasikan dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia," kata Didin yang juga ketua program kegiatan ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Semesta Day Ajak Pelajar Beprestasi di Masa Pandemi

Pandemi, Sekolah Semesta Semarang Adakan Beasiswa Prestasi

Fatih Bilingual School Gelar Online University Fair

Sekolah Semesta Semarang Gelar EduFair 2020 Secara Virtual

Tim Olimpiade SMA Semesta Raih Delapan Medali KSN 2020

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark