Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

PUPR Selesaikan Pembangunan Jalan DPSP Manado-Likupang

Ahad 28 Feb 2021 13:55 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Pembangunan DPSP Manado-Bitung-Likupang untuk meningkatkan sektor pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Manado-Bitung-Likupang, Sulawesi Utara. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata. “Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki.

Untuk mendukung konektivitas di DPSP Manado-Bitung-Likupang, Basuki mengatakan, pada 2020 Kementerian PUPR tengah menyelesaikan preservasi dua ruas jalan dan satu jembatan yakni preservasi Jalan Girian (Bitung)-Likupang. Begitu juga dengan peningkatan Jalan Pantai Pulisaan penggantian Jembatan Marinsow dengan total panjang jalan 45,47 kilometer dan jembatan 165,2 meter.

Jalan Girian (Bitung)-Likupang terdiri dari preservasi jalan sepanjang 43,67 kilometer dan jembatan 152,2 meter. Kegiatan tersebht dilaksanakan mulai 15 Mei 2020 dan selesai pada 31 Mei 2020 dengan anggaran Rp 18,64 miliar.

Kegiatan peningkatan Jalan Pantai Pulisan sepanjang 2,8 kilometer dikerjakan pada 29 Juni 2020 selesai pada 13 Desember 2020 dengan anggaran Rp 34,46 miliar. Sementara penggantian Jembatan Marinsow sepanjang 13 m dilakukan pada 20 April 2020 sampai 6 Desember 2020 dengan anggaran Rp 4,1 miliar.

Basuki mengatakan, untuk meningkatkan konektivitas di DPSP tersebut Kementerian PUPR juga sebelumnya membangun Tol Manado-Bitung sepanjang 40 kilometer yang merupakan tol pertama di Sulawesi Utara. Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September 2020.

"Pembangunan ruas tol Manado-Bitung merupakan salah satu dukungan yang signifikan bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan DPSP Manado-Bitung-Likupang," jelas Basuki.

Selain Taman Laut Bunaken yang sudah dikenal akan keanekaragaman biota laut dan keindahan pemandangannya, Basuki menuturkan DPSP tersebut terdapat beberapa objek wisata lain yang pemandangannya tidak kalah memanjakan mata. Salah satunya adalah kawasan wisata Pantai Malalayang di Kota Manado yang berdekatan dengan kawasan Bunaken, Tomohon-Tondano dan Bitung-Lembeh.

Sementara di Likupang, salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Likupang. Selain menikmati pemandangan, para wisatawan juga bisa snorkling melihat keindahan biota bawah laut di sini.

Manado-Bitung Likupang merupakan salah satu dari lima DPSP selain Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo yang penataan dan pengerjaan infrastrukturnya menjadi prioritas utama pemerintah.

"Awalnya penyelesaian dukungan lima DPSP ini ditargetkan selesai pada 2020, tetapi karena Pandemi Covid-19 target penyelesaian menjadi pertengahan 2021," jelas Basuki.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA