Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

...

Shoretire Merajut Nama Besar Bersama MU

Ahad 28 Feb 2021 02:19 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Shola Shoretire (kiri).

Shola Shoretire (kiri).

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Shoretire jadi pemain termuda dalam sejarah United yang tampil di kompetisi Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menit ke-79, Stadion Old Trafford, laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (26/2) dini hari WIB, Shola Shoretire masuk menggantikan Mason Greenwood. Seiring Shoretire menginjakkan kaki dan langsung berlari di atas rumput stadion berjuluk The Theatre of Dreams di laga itu, rekor baru dalam buku sejarah Manchester United (MU) langsung tercipta.

Dalam usia 17 tahun dan 23 hari, Shoretire menjadi pemain termuda dalam sejarah United yang tampil di kompetisi Eropa. Ia memecahkan rekor yang telah terentang sejak 1982 silam. Sebelumnya, rekor itu tercatat atas nama Norman Whiteside, yang melakoni laga debut di Eropa, tepatnya saat United menghadapi Valencia di laga Piala UEFA. Saat itu, Whiteside berusia sekitar 18 tahun, atau 108 hari lebih tua dibanding Shoretire.

Segalanya berjalan begitu cepat buat Shoretire. Pada sepanjang bulan ini, Shoretire melakoni sejumlah momen yang bakal diingat di sepanjang kariernya. Pada awal Februari 2021, Shoretire menandatangani kontrak profesional pertamanya sebagai pesepak bola.

Di depan pelatih tim utama MU, Ole Gunnar Solskjaer, pemain asal Newcastle itu sepakat membela United. Kabarnya, keputusan Shoretire ini membuat sejumlah klub raksasa Eropa gigit jari.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona dan Juventus dikabarkan harus mengubur mimpi untuk memboyong pemain kelahiran 2004 tersebut dari tim junior United. Berselang 10 hari pasca-penandatangan kontrak profesional pertamanya, Shoretire disertakan di skuat tim utama United untuk pertama kalinya.

Kemudian pada 21 Februari, Shoretire melakoni debut di pentas Liga Primer Inggris. Ironisnya, lawan United di laga itu adalah tim asal kota kelahiran Shoretire, Newcastle United.

Saat itu, Shoretire masuk menggantikan Marcus Rashford pada pengujung laga. Empat hari setelah menjalani debut di Liga Primer, Shoretire untuk pertama kalinya merumput di kompetisi Eropa.

''Menjadi pemain United termuda di kompetisi Eropa adalah penghargaan yang luar biasa. Bersiap ke fase selanjutnya di kompetisi ini,'' tulis Shoretire di akun media sosial miliknya, seperti dilansir laman resmi klub, Jumat (26/2).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA