Sabtu 27 Feb 2021 15:14 WIB

Bandara Kualanamu Cari Mitra untuk Kelola Lahan 4.980 m2

Pengembangan lahan tersebut melalui anak usaha Angkasa Pura (AP) II.

Bandara Kualanamu
Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Bandara Kualanamu

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Otoritas Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang dewasa ini sedang mencari mitra bisnis dalam mengembangkan lahan seluas 4.980 m2. Pengembangan lahan tersebut melalui PT Angkasa Pura Aviasi, selaku anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero).

"Kami dipercaya untuk mencari calon mitra strategis untuk pengembangan, dan pengoperasiaan Bandar Udara Internasional Kualanamu," ujar Direktur PT Angkasa Pura Aviasi, Haris di Medan, Sabtu (27/2).

Ia menjelaskan, PT Angkasa Pura II dan mitra strategis nantinya menjadi pemegang saham di PT Angkasa Pura Aviasi telah ditunjuk menjadi pengelola di area kebandarudaraan Kualanamu.Perseroan bersama mitra strategis, lanjut dia, akan berperan melakukan investasi, mengembangkan, meningkatkan fasilitas, hingga mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan Banda Udara Internasional Kualanamu dalam kurun waktu 25 tahun.

"Kami mencari mitra strategis berkelas global untuk mencapai 3E, yakni Expansion the traffic atau meningkatkan trafik penerbangan internasional, Expertise sharing atau berbagi keahlian pengelolaan bandara kelas dunia, dan Equity partnership atau pemenuhan kebutuhan pendanaan secara cepat melalui kemitraan strategis," terang dia.

Ia mengatakan, pengembangan kebandarudaraan Kualanamu mengarah ke konsep Aerocity dengan berbagai gedung komersial di atas lahan 200 hektare, di antaranya terdapat taman hiburan, parkir logistik, fasilitas bengkel pesawat, komplek perdagangan, dan lain sebagainya.

"Berbagai infrastruktur telah dioperasikan untuk mendukung Kualanamu, seperti kereta bandara dan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Bandara Kualanamu ini berstatus Bintang 4 dari Skytrax, dan diposisikan sebagai hub penerbangan internasional dengan target Bintang 5," ungkap Haris.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement