Sabtu 27 Feb 2021 15:04 WIB

Masjid di Burton Jadi Lokasi Vaksinasi Muslim Inggris

Masjid di Burton Jadi Lokasi Vaksinasi Muslim Inggris

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Subarkah
Masjid  Burton berada di kawasan Central Jamia Rizvia yang berada di Jalan Uxbridge, Inggris.
Foto: google.com
Masjid Burton berada di kawasan Central Jamia Rizvia yang berada di Jalan Uxbridge, Inggris.

IHRAM.CO.ID, BURTON --- Sebuah masjid di Burton, Inggris akan menjadi tempat pusat vaksinasi bagi komunitas Muslim. Itu dilakukan untuk mendorong lebih banyak orang agar terhindar dari Covid-19. 

Masjid  Burton berada di kawasan Central Jamia Rizvia yang berada di Jalan Uxbridge. Masjid itu akan menjadi pusat vaksinasi khususnya bagi pusat komunitas Muslim Pakistan. Rencananya vaksinasi akan dilakukan pekan pertama bulan Maret.

Layanan ini akan tersedia bagi mereka yang telah memesan vaksinasi sebelumnya dan memenuhi kriteria priorita. Di antara syaratnya adalah warga di panti jompo untuk orang dewasa yang lebih tua dan pengasuhnya, pekerja kesehatan dan perawat sosial garis depan, warga yang berusia 65 tahun ke atas.

Selain itu syarat vaksin lainnya adalah orang dewasa yang telah menerima surat dari NHS yang memberitahukan bahwa mereka sangat rentan secara klinis, orang berusia di atas 16 dalam kelompok risiko klinis. Mereka terlebih dulu harus menghubungi  Staffordshire County Council  untuk memperoleh daftar vaksin mereka.

Sebelumnya masjid tersebut digunakan sebagai tempat stasiun pengujian dalam upaya untuk mendorong masyarakat di Burton untuk menjalani tes Covid-19 setelah virus itu merebak di kota tersebut. Stasiun pengujian dianggap berhasil dan banyak  orang untuk memanfaatkan layanan itu.

"Saya senang mengatakan bahwa setelah diskusi antara tim eksekutif senior masjid kami dan ketua kelompok klinis, mereka dapat membawa program vaksinasi ke depan pintu kami. Ini memungkinkan komunitas kami mendapat kesempatan untuk divaksinasi lebih cepat. Prioritasnya adalah grup 1-4, artinya vaksinasi untuk usia di atas 65 tahun. Kami juga berupaya agar mereka yang berusia di atas 18 tahun, tetapi memiliki kondisi kesehatan dan setelah dipastikan kami akan menginformasikan kepada publik," kata juru bicara masjid  Tariq Hussain seperti dilansir Staffordshire live pada Sabtu (27/2).

"Saya akan mendorong semua orang yang memenuhi syarat untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mendapatkan vaksinasi sendiri. Silakan divaksinasi. Ini aman dan akan memberikan perlindungan dari penyakit serius dan mencegah penyebaran virus. Saya sendiri sudah menerima vaksinasi. Sangat sulit untuk mengatur pusat vaksinasi ini dan oleh karena itu kita harus memanfaatkannya. Penggunaan fasilitas ini akan membantu di masa depan dengan menghadirkan layanan kesehatan lain ke dalam komunitas kami," tambahnya.

“Kami tahu bahwa orang-orang dari latar belakang Etnis Hitam, Asia dan Minoritas lebih rentan terhadap Covid-19 dan yang mengkhawatirkan, penyerapan vaksin di komunitas ini umumnya lebih rendah dari rata-rata.Sangat penting bahwa setiap orang di Burton yang telah ditawari vaksin menerima tawaran untuk melindungi diri dari virus mematikan ini. Mudah-mudahan, dengan menghadirkan klinik vaksin ke komunitas, kami dapat mendorong lebih banyak orang untuk menerima tawaran dan memesan slot mereka," kata Dr Richard Harling, direktur kesehatan dan perawatan di Staffordshire County Council.

“Kami benar-benar perlu menekankan kepada semua orang bahwa vaksinasi benar-benar aman dan terlepas dari apa pun yang mungkin pernah Anda dengar, tidak ada alasan bagus untuk tidak mendapatkan vaksin jika Anda menawarkannya. Vaksinasi adalah satu-satunya cara untuk menjaga diri kita, keluarga kita, dan komunitas kita aman dan mengeluarkan kita dari pandemi ini," kata Juru bicara CCG Staffordshire dan Stoke-on-Trent Dr Shammy Noor.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement