Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Tak Lagi Turunkan Wahyu, Apa Kerjaan Malaikat Jibril Ini?

Jumat 26 Feb 2021 05:51 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani

Harut dan Marut menurut pendapat ulama adalah dua malaikat (Ilustrasi)

Harut dan Marut menurut pendapat ulama adalah dua malaikat (Ilustrasi)

Foto: Blogspot
Malaikat Jibril kerjaannya apa sekarang?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu dari Allah kepada Rasulullah SAW. Namun saat seluruh wahyu telah diturunkan, apakah malaikat Jibril tak memiliki pekerjaan?

“Malaikat Jibril kerjaannya apa sekarang? Kan wahyunya sudah nggak ada (telah tuntas diturunkan). Tentu, (pekerjaan malaikat Jibril saat ini) ya banyak sekali. Kita tidak pernah tahu karena Allah memerintahkan malaikat itu sudah dengan SOP (standard operational procedure),” kata Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho dalam kajian live streaming, Kamis (25/2).

Beliau menjabarkan bahwa jika diitamsilkan, maka Allah adalah Raja Diraja, sedangkan malaikat adalah para pesuruh di sebuah kerajaan. Untuk itu, kata beliau, jumlah malaikat pun sangatlah banyak dan manusia tidak pernah tahu jumlah pastinya dari malaikat-malaikat yang ada.

Dan dari jumlahnya yang banyak itu, beliau menegaskan bahwa tak ada satu pun malaikat yang melanggar perintah Allah satu pun. Seluruh malaikat bersikap patuh, dan mereka bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk itu, menurut beliau, tugas malaikat Jibril pun demikian.

Sebagai malaikat yang paling tinggi kastanya di antara malaikat lain, beliau menekankan, bahwa boleh jadi malaikat Jibril memiliki asisten-asisten malaikat lainnya. Maka dari sisi penciptaan dan pengorganisasian malaikat itulah, kata beliau, ada baiknya manusia yang hendak berorganisasi meniru standar mumpuni yang diciptakan Allah.

Baca juga : Keistimewaan Surat Al-Kahfi

“Kalau kita berorganisasi, tirulah organisasinya Gusti Allah. Semua ada SOP-nya. Yang meninggal di dunia itu dalam sehari kan banyak sekali, apa malaikat nggak keder (bingung)? Ya pasti tidak. Karena malaikat maut itu punya anggotanya lah,” kata beliau.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA