Jumat 26 Feb 2021 03:20 WIB

Lukisan Van Gogh yang tak Pernah Terpublikasi akan Dilelang

Lukisan itu akan dipamerkan di Paris, Amsterdam, dan Hong Kong sebelum dilelang.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Nidia Zuraya
Van Gogh Museum
Foto: Wikipedia
Van Gogh Museum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah lukisan milik Vincent Van Gogh yang tidak pernah dipamerkan kepada publik akan dilelang di Paris, Perancis pada bulan depan. Harga awal untuk lukisan tersebut ditaksir mencapai 10 juta dolar AS.

Dilansir dari Forbes, Kamis (25/2), lukisan berjudul Scène de rue à Montmartre,  menggambarkan kincir angin di Montmartre ketika masih merupakan pinggiran kota Paris. Dilukis oleh Van Gogh pada 1887 dan telah dimiliki oleh keluarga Prancis selama lebih dari 100 tahun.

Baca Juga

Sebelumnya, Van Gogh juga menampilkan kincir angin dalam beberapa lukisan yang dia selesaikan selama dua tahun di Paris. Saat tinggal bersama saudaranya Theo.

Ini adalah salah satu lukisan terakhir dari periode kehidupan Van Gogh, yang tetap berada di tangan pribadi.

Lukisan itu akan dipamerkan di Paris, Amsterdam, dan Hong Kong sebelum dilelang pada 25 Maret. Karya tersebut akan dijual dalam kemitraan antara rumah lelang Sotheby dan Paris, Mirabaud Mercier, dan penjualnya adalah keturunan dari pemilik pertama lukisan tersebut.

Scène de rue à Montmartre akan dilelang di Paris bersama dengan karya seni impresionis dan modern lainnya. Termasuk karya Henri Matisse, Francis Picabia, dan Victor Brauner.

Van Gogh adalah seorang pelukis pascaimpresionis Belanda yang menjadi salah satu tokoh paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Dalam waktu lebih dari satu dasawarsa, ia menciptakan kurang lebih 2.100 karya seni, termasuk sekitar 860 lukisan minyak yang kebanyakan dibuat selama dua tahun terakhir kehidupannya. 

Karya-karya tersebut meliputi lukisan bentang alam, alam benda, potret, dan potret diri, dan memiliki ciri khas berupa warna yang tebal dan dramatis serta goresan kuas yang impulsif dan ekspresif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement