Kamis 25 Feb 2021 06:35 WIB

Kim Chung-ha Akui Hanya Bisa Tidur Paling Lama Dua Jam

Kim Chung-ha mengaku menderita insomnia akibat tekanan yang dialaminya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Kim Chung-ha mengaku menderita insomnia akibat tekanan yang dialaminya.
Foto: Wikimedia
Kim Chung-ha mengaku menderita insomnia akibat tekanan yang dialaminya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Jadwal kerja Kim Chung-ha yang padat, tampaknya mempengaruhi idola Korea Selatan tersebut. Pelantun “Why Don’t You Know” berusia 25 tahun itu terbuka tentang masalah kesehatan dan perjuangan menyembuhkannya.

Chung-ha muncul di episode terbaru “ASk Us Anything Fortune Teller,” variety show KBS yang menampilkan artis Korea Selatan. Dalam episode tersebut, Chung-ha mengaku menderita insomnia akhir-akhir ini. Bahkan, dia hanya tidur paling lama selama dua jam.

Baca Juga

Dilansir Meaww.com pada Rabu (24/2), penyanyi itu mengatakan kondisinya adalah akibat terlalu banyak tekanan dan menangis. Selama ini, Chung-ha bercerita selalu ingin bekerja keras karena tak ingin memberi dampak negatif pada orang-orang di sekelilingnya.

“Tapi, ketika saya sakit baru-baru ini, saya menyadari sesuatu. Saya sedikit sedih dan marah,” kata Chung-ha.

Menurut Heathline.com, beberapa penyebab utama insomnia itu stres, peristiwa menjengkelkan atau traumatis, atau perubahan kebiasaan tidur (salah satunya tidur di rumah atau hotel baru). Momen itu adalah salah satu dari beberapa kali Chung-ha berbicara tentang kesulitan yang dihadapi dalam karirnya, serta terbuka tentang insomnianya.

Penyanyi itu juga barusaja sembuh melawan Covid-19, setelah dinyatakan positif mengidap virus corona pada Desember lalu. Bahkan setelah dites positif, Chung-ha menunjukkan dedikasinya pada pekerjaan dan komitmen pada penggemar. Menurut Soompi, dia menyapa penggemar untuk tidak khawatir.

“Saya akan kembali lagi dan berpromosi dengan kesehatan yang baik,” ujar Chung-ha.

Chung-ha memiliki tahun yang sibuk pada 2020, dan tahun ini mungkin lebih sibuk lagi. Dia baru saja merilis proyek Querencia pada 15 Februari, album studio pertamanya sejak debut sebagai artis solo pada 2017.

Pada Januari 2020, Chung-ha berkolaborasi dengan Paul Kim di single "Loveship". Bulan berikutnya, dia menjadi bagian dari lineup soundtrack untuk drama SBS “Dr. Romantic 2” dengan lagu “My Love.” Dia juga merilis single comeback “Everybody Has” pada 29 Februari sebagai bagian dari proyek New.wav MNH Entertainment.

Pada Maret, dia menandatangani kontrak dengan agensi Amerika, ICM Partners untuk promosinya di Amerika dan global. Kemudian pada April, Chung-ha berkolaborasi dalam lagu pop “Lie” dengan penyanyi TVXQ Max Changmin, dan merilis “Stay Tonight.”

Hampir setiap bulan setelah dan menjelang perilisan album Querencia, penyanyi itu mengerjakan sesuatu yang penting. Karena itu mudah untuk melihat alasan kesehatannya menurun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement