Rabu 24 Feb 2021 22:11 WIB

Pemkot Banda Aceh Dorong Pasar Modern Pasarkan Produk UMKM

Pasar modern tersebut tentu akan meningkatkan produktivitas pelaku UMKM.

Pemkot Banda Aceh Dorong Pasar Modern Pasarkan Produk UMKM (ilustrasi).
Foto: IRWANSYAH PUTRA/ANTARA
Pemkot Banda Aceh Dorong Pasar Modern Pasarkan Produk UMKM (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDA ACEH -- Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan mendorong pasar modern seperti pasar swalayan dan mal memasarkan produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Banda Aceh Muhammad Nurdin mengatakan hadirnya produk di pasar modern tersebut tentu akan meningkatkan produktivitas pelaku UMKM. "Kami terus mendorong pasar modern memasarkan produk-produk UMKM. UMKM merupakan ujung tombak perekonomian masyarakat," kata Muhammad Nurdin di Banda Aceh, Rabu (24/2).

Muhammad Nurdin mengatakan jumlah UMKM di Kota Banda Aceh saat ini mencapai 15.107 unit yang bergerak dalam berbagai bidang usaha. Dari jumlah tersebut, usaha kuliner yang paling dominan dan paling siap di masa pandemi COVID-19.

Menurut Muhammad Nurdin, pemerintah daerah sebagai fasilitator terus berupaya memberi kemudahan kepada UMKM. Di antaranya memberi bantuan modal kerja, bantuan peralatan, serta pelatihan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

"Selain mendorong pasar modern, kami bersama pemangku kebijakan lainnya terus mencari strategi pemasaran produk-produk UMKM. Peningkatan produktivitas harus sejalan dengan peningkatan pemasaran," kata Muhammad Nurdin.

Muhammad Nurdin mengatakan UMKM merupakan motor penggerak perekonomian di Kota Banda Aceh. Sebab, Kota Banda Aceh tidak miliki sektor perindustrian maupun perkebunan dan pertanian. "Kalau tidak ada UMKM, maka senyaplah aktivitas perekonomian Kota Banda Aceh. Karenanya, Pemerintah Kota Banda Aceh mendukung, memfasilitasi, serta mendampingi UMKM," kata Muhammad Nurdin.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement