Selasa 23 Feb 2021 13:16 WIB

Gibran Dilantik Jadi Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021

Pemkot Solo menyediakan ajudan, tapi pengamanan Gibran Rakabuming oleh Paspampres.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Erik Purnama Putra
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi wali kota Solo pada Jumat (26/2).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi wali kota Solo pada Jumat (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Wali Kota Solo Terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan wakilnya Teguh Prakosa dijadwalkan dilantik menjadi wali kota dan wakil wali kota di Balai Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (26/2). Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, secara virtual pukul 09.00 WIB.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo, Ahyani, mengatakan, pelantikan wali kota/bupati dilaksanakan di daerah masing-masing. Berbeda dengan pelantikan periode sebelumnya yang dilaksanakan di kantor gubernur Jateng, Kota Semarang. "Ajudan sudah disiapkan dari pemkot," kata Ahyani kepada wartawan di Kota Solo, Senin (22/2).

Selanjutnya, pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) dari FX Hadi Rudyatmo dilaksanakan pada Senin (1/3) di gedung DPRD Kota Solo. "Kalau dulu pelantikan di Semarang sertijab di sini. Sertijab itu dibarengi pidato perdana di hadapan anggota dewan dalam bentuk paripurna," terang Ahyani.

Lantaran berstatus putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran diperkirakan tetap mendapatkan pengamanan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Meskipun, Pemkot Solo juga menyiapkan ajudan.

"Sebenarnya kalau di Balai Kota mengikuti protokoler pemkot. Kalau selepas jam kerja bisa mengikuti protokoler pengamanan Paspampres," jelasnya.

Meski demikian, hal tersebut tergantung dengan kondisi Gibran saat menjalankan tugas sebagai wali kota, bisa dilaksanakan secara fleksibel. "Luwes saja, tergantung beliau. Toh dari Paspampres tidak akan bisa melepas, jadi mungkin pengamanan tertutup," ujar Ahyani.

Pada hari yang sama, pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman di Kota Medan, juga dilantik menjadi wali kot-wakil wali kota Medan. Bobby merupakan menantu Presiden Jokowi, yang menikahi Kahiyang atau adik Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement