Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Pernyataan Rasis Politisi India Soal Daging dan Jihad Cinta

Senin 22 Feb 2021 18:49 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Politisi India mengeluarkan pernyataan rasis soal daging sapi dan jihad cinta. Bendera India (Ilustrasi).

Politisi India mengeluarkan pernyataan rasis soal daging sapi dan jihad cinta. Bendera India (Ilustrasi).

Foto: IST
Politisi India mengeluarkan pernyataan rasis soal daging sapi dan jihad cinta

REPUBLIKA.CO.ID, KERALA – Seorang insinyur sipil yang dikenal sebagai Metro  India, E Sreedharan bergabung dengan BJ untuk pemilihan Majelis di Kerala. 

Namun di awal kariernya sebagai politisi, pernyataannya telah mengernyitkan alis publik yang mendengarnya. Dia berkomentar tentang daging sapi dan jihad cinta (love jihad) yang beberapa waktu ini menjadi isu panas di India. 

Pada Jumat (19/2), Sreedharan mengatakan kepada PTI bahwa dia bersedia menjadi menteri utama Kerala jika BJP berkuasa di negara bagian itu. Sreedharan menargetkan sebagai menteri utama, jika tidak, target BJP akan mustahil tercapai. Selain itu dia membantah bahwa di India ada intoleransi. 

Baca Juga

Namun di balik pertanyaan tersebut dia menyebutkan bahwa dia tidak suka dengan orang yang mengonsumsi daging sapi. "Secara pribadi, saya vegetarian yang sangat ketat. Saya bahkan tidak makan telur, jadi, tentu saja saya tidak suka siapa pun makan daging," ujar dia. 

Selain itu dia juga berkomentar soal jihad cinta. Warga India menyebut jihad cinta karena banyak wanita yang berpindah agama untuk menikah Menurut Shreedharan, mereka telah melakukan penipuan. 

"Saya melihat apa yang terjadi di Kerala. Bagaimana umat Hindu ditipu dalam pernikahan dan bagaimana mereka menderita, tidak hanya Hindu, Muslim, gadis-gadis Kristen juga ditipu dalam sebuah pernikahan. Sekarang hal semacam itu pasti akan saya lawan,"ujar dia dilansir di theweek.in, Sabtu (20/2). 

Pemerintah BJP di beberapa negara bagian dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan rencana atau mengesahkan undang-undang untuk membatasi pernikahan curang untuk mengubah orang dari agama lain. 

Di Kerala, para analis mengklaim BJP dapat menggunakan masalah jihad cinta untuk membangun jembatan untuk mendukung komunitas Kristen, yang telah menyatakan kekhawatiran tentang perpindahan agama semacam itu untuk pernikahan. 

BJP dikenal sebagai partai pendukung utama Narendhra Modi yang berhasil mempertahankan kekuasaannya pada 2019 lalu.  

Sumber: theweek 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA