Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Sarapan Pagi Bernutrisi Dibutuhkan Otak agar Aktif

Sabtu 20 Feb 2021 22:08 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kebutuhan otak. Sarapan sehat (ilustrasi)

Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kebutuhan otak. Sarapan sehat (ilustrasi)

Foto: Al Arabiya
Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk kebutuhan otak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada masa penuh tantangan seperti sekarang ini, Pesan 2021 hadir untuk mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga asupan nutrisi seimbang melalui sarapan sehat pada pagi hari serta menjaga kebugaran tubuh dengan kegiatan olahraga.

Hal ini disampaikan Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, dalam special nutrition training dan healthy active lifestyle (HAL) Pesan 2021 yang diisi dengan kegiatan edukasi nutrisi bersama Rimbawan, PhD.   

Baca Juga

Dalam kegiatan yang diinisiasi Herbalife Indonesia itu, dia mengatakan, sarapan yang bernutrisi, kata dia, dapat menyuplai energi bagi tubuh dan otak Anda untuk tetap aktif melakukan kegiatan seperti bekerja dari rumah. 

"Di pagi hari, bahan bakar tubuh Anda hampir kosong. Saat Anda makan makanan yang tepat untuk sarapan, Anda memberi bahan bakar yang dibutuhkan otot dan otak untuk kinerja optimal. Sesi olahraga semakin melengkapi kebutuhan tubuh Anda untuk tetap bugar dan aktif bergerak di dalam rumah tanpa harus khawatir berpergian ke luar rumah," kata Andam. 

Menurut dia, sarapan yang sehat dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menciptakan komunitas yang sehat dan bugar. Berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan daya tahan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan dimiliki individu dengan nutrisi yang baik. 

Namun, kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan

di pagi hari. Publikasi Kementerian Kesehatan (2013) menyatakan, sarapan sehat harus terdiri dari sumber karbohidrat (60-68 persen), protein (12-15 persen), lemak (15-25 persen) dan mengandung vitamin dan mineral.

"Sarapan yang sehat menyumbang 25 persen dari kebutuhan nutrisi harian. Publikasi tersebut juga menyatakan bahwa ketahanan dan kemampuan tubuh untuk melakukan pekerjaan dengan produktivitas yang memadai akan lebih banyak dimiliki oleh individu dengan nutrisi yang baik," katanya.    

Herbalife Nutrition Indonesia kembali menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Pekan Sarapan Nasional (Pesan) 2021, yang  berlangsung pada 14-20 Februari 2021. 

Kegiatan yang diprakarsai pemerintah Republik Indonesia tersebut mulai 2013, dan menjadi tahun ke-6 bagi Herbalife Nutrition mendukung kampanye tentang pentingnya sarapan melalui edukasi nutrisi dan rangkaian kegiatan olahraga yang dilakukan secara virtual selama 1 Februari hingga 15 Maret 2021.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA