Ahad 28 Feb 2021 12:33 WIB

Jejak Syekh Athaillah

Syekh Ibnu Athaillah adalah tokoh sufi terkemuka dari Tarekat Syadziliyah.

Foto: republika
Jejak Syekh Athaillah

REPUBLIKA.CO.ID, Jejak Syekh Athaillah

Nama Syekh Ibnu Athaillah atau  Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Atha'illah As-Sakandari terkenal dengan karyanya al-Hikam.  Sosok kelahiran Alexandria, Mesir, 648 H/1250 M ini adalah tokoh sufi terkemuka dari Tarekat Syadziliyah.  Murid langsung dari Abu al-Hasan as-Syadzili, pendiri tarekat tersebut yang hidup pada masa Dinasti Mamluk. Berikut jejak Syekh Athaillah:

>Al-Hikam

Kitab yang terdiri dari 264 pesan kebajikan yang disampaikan oleh Ibnu Athaillah ini disebut-sebut sebagai magnum opusnya.   Muncul beberapa kitab yang menguraikan syarah redaksional al-Hikam di antaranya oleh Muhammad bin Ibrahim ibnu Ibad ar-Rasyid-Rundi, Ahmad Zarruq, dan Ahmad ibnu Ajiba. 

>Makam

Ibnu 'Athaillah wafat di Kairo pada 1309 M. Ia dimakamkan di kompleks Permakaman al-Qorrofah al-Kubro. Ribuan pelayat mengiringi pemakamannya. Makamnya masih sering dikunjungi oleh para peziarah hingga kini. 

>Masjid

Seperti lazimnya makam para nabi, orang saleh, dan wali, makam Syekh Ibnu Atha'illah juga dibangun masjid di sekitarnya. Masjid ini juga menjadi salah satu pusat taklim hingga saat ini.  

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: Dari berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement