Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Arab Saudi Tetap Anggap Houthi Organisasi Teroris

Rabu 17 Feb 2021 14:21 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Kelompok pemberontak Houthi Yaman

Kelompok pemberontak Houthi Yaman

Foto: Anadolu Agency
AS secara resmi telah mencabut penetapan Houthi sebagai organisasi teroris.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi akan tetap memperlakukan kelompok pemberontak Houthi di Yaman sebagai organisasi teroris. Hal itu bertentangan dengan keputusan Amerika Serikat (AS) yang secara resmi mencabut penetapan Houthi sebagai organisasi teroris.

"Meskipun demikian, kami masih akan menetapkan militan Houthi sebagai organisasi teroris dan mengatasi ancamannya dengan aksi militer," ujar Duta Besar Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi, dilansi Middle East Monitor, Rabu (17/2).

Baca Juga

Pada Ahad (14/2) lalu, beberapa komentar di media yang dikendalikan Pemerintah Saudi telah mengkritik keputusan AS yang menghapus Houthi dari daftar teroris. Mereka mengatakan, tindakan AS akan membuat Houthi semakin berani meningkatkan serangan terhadap Saudi.

"Ada kontradiksi yang jelas antara klaim pemerintah baru (AS) untuk mendukung keamanan kerajaan dan pendekatan lunaknya dengan Houthi," tulis seorang kolumnis Hamoud Abu Thalib di surat kabar Okaz.

Kolumnis lainnya, Fahim al-Hamid yang juga menulis di surat kabar Okaz mengatakan, keputusan AS "hadiah" kepada Houthi dan Iran yang "mengirimkan sinyal yang salah". Pekan lalu, Houthi mengeklaim beberapa serangan pesawat tak berawak di wilayah Arab Saudi selatan. Sebagian besar berhasil dicegat, namun satu pesawat berhasil menghantam bandara sipil. Houthi telah memerangi koalisi yang dipimpin Saudi, yang melakukan intervensi di Yaman pada 2015.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA