Rabu 17 Feb 2021 06:20 WIB

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Marie Thomas, Siapa Dia?

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama yang menjadi lulusan STOVIA.

Google Doodle merayakan ulang tahun ke 125 Dr Marie Thomas.
Foto: google
Google Doodle merayakan ulang tahun ke 125 Dr Marie Thomas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Doodle merayakan ulang tahun ke 125 Dr Marie Thomas. Google menampilkan seorang dokter perempuan sedang diterangi lampu, mengalungi stetoskop sambil menggendong bayi. Siapakah Marie Thomas?

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama yang menjadi lulusan STOVIA pada tahun 1922. Dari data Wikipedia, Marie Thomas lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896.

Baca Juga

Dia  adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter. Dia lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922. Dia kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi.

Marie Thomas memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) (sekarang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo). Dia kemudian bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia dan bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang didirikan oleh yayasan SOVIA.

Marie Thomas merupakan dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang  obstetri dan ginekologi. Dia juga mendirikan sebuah sekolah kebidanan di Bukittinggi. Dia wafat di Bukittinggi, Sumatra Barat, 10 Oktober 1966 pada umur 70 tahun.

Baca juga : Pekan Depan Divaksin, Ini Respons Sebagian Pengemudi Ojol

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement