Rabu 17 Feb 2021 05:14 WIB

Mbappe Cetak Tiga Gol ke Gawang Barcelona

Barcelona sebenarnya mencatat 53 persen penguasaan bola berbanding 47 persen PSG.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (tengah) merayakan dengan rekan setimnya usai mencetak gol.
Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (tengah) merayakan dengan rekan setimnya usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Paris Saint-Germain (PSG) berhasil menaklukan Barcelona dalam babak 16 besar liga Champions Eropa leg pertama. Les Parisiens sukses mencetak tiga gol selama 90 menit pertandingan berlangsung di Camp Nou pada Rabu (17/2) dini hari tadi.

Bermain di Camp Nou, anak asuh Ronald Koeman berhasil unggul lebih dulu melalui titik putih pada menit ke-27. Penalti diberikan usai pemain belakang PSG, Layvin Kurzawa melakukan pelanggaran terhadap Frenkie de Jong di dalam kotak terlarang.

Baca Juga

Lionel Messi yang ditunjuk sebagai algojo sukses mengeksekusi si kulit bundar menyentuh jala bagian bagian milik lawan. Pemain asal Argentina itu menempatkan bola ke sebelah kiri atas gawang yang tidak mampu dijangkau kiper Keylor Navas.

photo
Reaksi Lionel Messi usai mencetak gol yang membawa Barcelona unggul 1-0 atas PSG. - (EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ)

Barcelona hampir menggandakan keunggulan kalau saja sepakan kaki kanan Ousmane Dembele tidak mampu ditangkap Navas. Sayangnya, pemain berdarah Prancis itu gagal memaksimalkan umpan yang diberikan Lionel Messi.

Keunggulan Barcelona tidak berlangsung lama. Anak asuh Mauricio Pochettino itu berhasil menyamakan kedudukan hingga imbang 1-1 lima menit berselang. Adalah Kylian Mbappe yang menjadi pencetak gol bagi Les Parisiens.

Gol bermula dari umpan panjang lini tengah PSG ke sayap kiri mereka. Bola diterima Leandro Paredes diteruskan ke Marco Verratti yang memberikan umpan ke Mbappe. Dengan tenang pemain berkebangsaan Prancis itu melewati bek Barcelona di dalam kotak penalti sebelum melepaskan sepakan kencang melewati kiper Marc-Andre ter Stegen. 

 

PSG hampir membalikan keadaan kalau saja sepakan keras sepakan keras kaki kanan Moise Kean tidak dihalau kiper ter Stegen. Tendangan sepak pojok yang diberikan pun gagal dimaksimalkan Marquinhos.

Kedua tim tampil saling menyerang untuk memperoleh kemenangan guna merebut satu tiket ke babak delapan besar. Babak pertama pertandingan 16 besar liga Champions Eropa antara Barcelona kontra PSG berakhir imbang 1-1. 

Memasuki babak kedua, Les Rouge et Bleu tampil lebih agresif. Serangan demi serangan mereka lancarkan untuk mencetak angka tambahan. Hasilnya, Mbappe kembali berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-65.

Pemain berusia 22 tahun itu membobol gawang lawan setelah memanfaatkan bola liar hasil umpan Alessandro Florenzi yang ditahan pemain belakang Barcelona. Mbappe yang berlari tanpa kawalan kemudian melepaskan sepakan keras kaki kirinya ke tengah gawang. Skor 2-1.

 

photo
Pemain belakang Barcelona Sergino Dest (kiri) berebut bolah dengan striker PSG Kylian Mbappe (kanan) - (EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ)

Alih-alih mengejar ketertinggalan, Messi dan kawan-kawan justru malah makin tertinggal. Pada menit ke-70 PSG mendapat hadiah tendangan bebas setelah Pedri melakukan pelanggaran di luar kotak penalti.

Leandro Paredes yang ditunjuk sebagai eksekutor kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Bola tersebut kemudian ditanduk ke tengah gawang oleh Moise Kean dan tidak mampu ditahan kiper ter Stegen. 

Jalannya pertandingan semakin buruk bagi Gerard Pique dan rekan-rekan. Mereka kembali harus memungut bola dari dalam gawang menyusul gol ketiga yang dicetak Kylian Mbappe pada menit ke-85.

Memanfaatkan serangan balik cepat, pemain tengah Julian Draxler menggiring bola dari sisi pertahanan PSG menerobos lapangan tengah dan masuk ke kotak penalti lawan. Bola kemudian digulirkan ke Mbappe yang berlari bebas tanpa pengawalan.

Dengan mudah pemain tim nasional Prancis itu melepaskan sepakan keras ke sisi kanan gawang hingga melewati kiper ter Stegen. Gol ketiga Mbappe membawa PSG unggul 4-1 dari Barcelona.

Mengutip data ESPN, Barcelona sebenarnya bermain lebih dominan sepanjang laga. Los Cules mencatatkan 53 persen penguasaan bola berbanding 47 persen bagi PSG.

Namun mereka hanya mampu mencatatkan 12 percobaan mencetak gol dimana empat diantaranya tepat sasaran. Sedangkan PSG membuka 16 kesempatan gol dengan sembilan diantaranya mengarah tepat ke gawang lawan.

Kemenangan ini membuat PSG unggul satu langka untuk terus melaju ke babak delapan besar liga Champions Eropa. Mereka hanya harus bermain imbang atau kalah tidak lebih dari 2-0 saat leg kedua melawan Barcelona yang dihelat di Parc des Princes pada 11 Maret mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement