Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Keterisian Tempat Tidur Isolasi di Jaksel 75 Persen

Selasa 16 Feb 2021 20:18 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra

Petugas saat beristirahat di RSUD Pasar Minggu, Jakarta.

Petugas saat beristirahat di RSUD Pasar Minggu, Jakarta.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemkot Jakarta Selatan telah menambah tiga RS rujukan Covid-19 sebagai ansitipasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan M Helmi mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di ruang isolasi sebesar 75 persen. Menurut Helmi, hal ini mengalami penurunan seiring dengan menurunnya jumlah kasus Covid-19.

Adapun dia menyebut, kapasitas tempat tidur isolasi pasien Covid-19 total ada 1.773 unit. Sedangkan untuk ICU terdapat 282 tempat tidur.

"Di bulan Februari ini untuk keterisian tempat tidur tadi mengalami penurunan. Untuk isolasi sekarang angka 75 persen, dan untuk ICU sekitar 69 persen," kata Helmi di Jakarta Selatan, Selasa (16/2).

Meski demikian, Helmi menegaskan, pihaknya tetap berupaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif virus corona di wilayah Jakarta Selatan. Dia menjelaskan, Pemkot Jakarta Selatan pun telah menambah tiga rumah sakit (RS) sebagai rujukan pasien Covid-19.

Tiga rumah sakit tersebut adalah RS Setia Mitra, Cilandak; RS Petukangan, Pesanggrahan; dan RS Jakarta Medical Center (JMC), Pancoran. Sehingga saat ini terdapat total 23 rumah sakit rujukan.

Helmi menjelaskan, tiga rumah sakit tambahan itu mengajukan diri sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19. "Di antara rumah sakit yg dulunya belum jadi rumah sakit rujukan, nah ini mengajukan diri ke dinas kesehatan. Selain itu juga ada imbauan dari Dinas Kesehatan agar masing-masing rumah sakit mengantisipasi," ujarnya.

Sementara itu, sambung dia, ada empat rumah sakit di Jakarta Selatan yang khusus menangani pasien Covid-19. Keempat rumah sakit itu yakni RSUD Pasar Minggu, RS Jati Padang, RS Kebayoran Lama, dan RS Kebayoran Baru.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA