Selasa 16 Feb 2021 07:50 WIB

Google Bayar 13 Juta Dolar ke Prancis

Google bayar 13 Juta dolar AS karena salah beri peringkat hotel,

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Muhammad Subarkah
Hotel di Prancis.
Foto: google.com
Hotel di Prancis.

IHRAM.CO.ID, PARIS -- Google telah setuju membayar denda sebesar 1,1 juta euro atau sekitar 13 juta dolar AS. Hal itu setelah otoritas Perancis menyimpulkan, mesin pencari menampilkan peringkat menyesatkan bagi hotel-hotel di negara tersebut. 

Sebelumnya, guna memberi peringkat hotel dari satu hingga lima Bintang. Google menggunakan sumber resmi Atout France serta masukan dari situs web industri perhotelan lainnya dalam algoritmanya. 

Hanya saja, setelah menerima keluhan dari pelaku bisnis perhotelan terkait peringkat Google, badan penipuan dan persaingan pemerintah Perancis meluncurkan penyelidikan pada 2019 dan 2020. Penyelidikan dilakukan demi memantau sifat dan keadilan informasi yang disediakan oleh platform di 7.500 perusahaan. 

Dilansir AP News pada Selasa (16/2), Google mengatakan, kini sudah membuat perubahan yang diperlukan. Jadi hanya mencerminkan peringkat bintang resmi untuk hotel di Perancis di Google Maps serta penelusuran. 

Pada beberapa waktu lalu, raksasa internet itu juga telah sepakat membayar konten berita yang diproduksi media Perancis. Kesepakatan tersebut muncul setelah pembicaraan berbulan-bulan antara Google Perancis dan aliansi media di Perancis Alliance de la Presse d'Information Generale (APIG).

Dalam sebuah pernyataan bersama, Google serta APIG mengatakan, mereka menyetujui berbagai prinsip tentang publikasi berita harus diberi kompensasi. Kesepakatan itu juga mencakup konten berita media Perancis yang didistribusikan di platform Google. 

 
 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement