Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Asah Kreativitas Siswa, MAN 1 Yogyakarta Gelar Mosaic

Senin 15 Feb 2021 13:11 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

 Pelaksanaan kegiatan Mango yang merupakan kegiatan rutin digelar tiap tahun di MAN 1 Yogyakarta.

Pelaksanaan kegiatan Mango yang merupakan kegiatan rutin digelar tiap tahun di MAN 1 Yogyakarta.

Foto: Dokumen.
Di masa pandemi Covid-19, kegiatan Mosaic berlangsung secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta akan menggelar kegiatan Mosaic dalam rangka milad ke-71. Kegiatan ini digelar dengan tujuan mengasah kreativitas siswa dari tingkat SMP hingga SMA.

Ketua Panitia Milad ke-71, Erlangga mengatakan, Mosaic merupakan kompetisi yang memiliki banyak bidang lomba. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan Mosaic berlangsung secara virtual.

"Sasarannya siswa dan siswi kelas 9 SMP. Pendaftarannya juga sudah dibuka sejak 27 Januari dan ditutup 1 Maret 2021,"  kata Erlangga.

Erlangga menuturkan, bidang lomba yang ada pada kegiatan Mosaic terdiri lomba bidang agama, seni, dan bahasa. Di bidang agama, katanya, ada lomba MTQ dan nasyid.

Di bidang seni memiliki cabang lomba paling banyak seperti photography, cinematography, story telling, dan desain grafis. Sedangkan, di bidang bahasa terdapat lomba esai dan pidato dalam tiga bahasa.

"Kompetensi lomba akan dimulai pada 6-7 Maret. Jadi segera kirim karyamu dan bagi para pemenang lomba akan diberi hadiah," ujarnya.

Erlangga menyebut, salah satu hadiah bagi pemenang lomba yaitu undangan masuk MAN 1 Yogyakarta tanpa tes. Selain itu, juga disiapkan hadiah berupa uang pembinaan dan e-sertifikat.

Walaupun sasaran utama lomba ini untuk pelajar SMP kelas 9, namun pelajar SMA juga diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan Mosaic. Menurutnya, melalui kegiatan ini akan didapatkan banyak pengalaman oleh pelajar baik tingkat SMP maupun SMA.
 
"Hal menarik bisa didapatkan jika ikut event ini dan tentunya menambah pengalaman yang seru. Selain itu, lomba-lomba yang diadakan juga online dan gratis, serta ada hadiahnya," jelasnya.

Selain Mosaic, juga digelar Mansa Get Try Out (Mango) dengan tujuan meningkatkan minat pelajar di tingkat SMP dalam bidang akademik. Ia mengatakan, kegiatan Mango ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun oleh MAN 1 Yogyakarta.

"Tahun ini konsepnya berbeda karena menggunakan basis olimpiade sains. Jadi bisa dipilih antara tiga mata pelajaran menarik mulai dari IPA, Matematika dan IPS," tambah dia.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA