Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Jumlah Muslim di Negara Afrika Tumbuh Pesat, Ini Rinciannya

Ahad 14 Feb 2021 16:44 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat . Ilustrasi Muslim Afrika

Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat . Ilustrasi Muslim Afrika

Foto: EPA/MIKE NELSON
Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Afrika merupakan salah satu wilayah Islamisasi sejak Rasulullah Muhammad SAW berdakwah. Selama berabad-abad hingga kini, populasi umat Islam di benua tersebut terus meningkat.  

Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional tahun 2013, jumlah atau persentase Muslim di negara-negara Afrika adalah sebagai berikut, sebagaimana dilansir dari laman Muslim in Africa pada Ahad (14/2):  

Baca Juga

Aljazair, populasi Muslim lebih dari 99 persen dari keseluruhan populasi. Di negara Angola ini diperkirakan populasi Muslim mencapai 80 ribu hingga 90 ribu orang. Benin, jumlah Muslim mencapai 24 persen dari keseluruhan populasi di negara tersebut menurut sensus 2002. 

Botswana, menurut studi 2011 oleh Pew Research Center, ada sekitar 8.000 Muslim. Banyak di antaranya berasal dari Asia Selatan. Burkina Faso, jumlah Muslim sekitar 61 persen dari keseluruhan populasi. 

Burundi, umat Muslim diperkirakan jumlah Muslim antara 2 persen hingga 5 persen dari keseluruhan populasi. Kamerun, jumlah Muslim sekitar 21 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2005. 

Tanjung Verde, jumlah Muslim sekitar 2 persen dari keseluruhan populasi menurut Institut Statistik Nasional negara itu. Republik Afrika Tengah, jumlah Muslim sekitar 10 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2003.

Chad, jumlah Muslim sekitar 58 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2009. Komoro, lebih dari 99 persen penduduknya beragama Islam dari keseluruhan populasi. 

Pantai Gading, sekitar 35 persen hingga 40 persen penduduknya Muslim dari keseluruhan populasi. Republik Demokratik Kongo, jumlah Muslim hanya 5 persen dari keseluruhan populasi. 

Djibouti, jumlah Muslim mencapai 94 persen dari keseluruhan populasi. Mesir, sekitar 90 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim Sunni. Sementara Muslim Syiah berjumlah kurang dari 1 persen dari keseluruhan populasi.

Guinea Ekuatorial, jumlah Muslim kurang dari 1 persen dari keseluruhan populasi. Eritrea, jumlah Muslim sekitar 50 persen dari keseluruhan populasi menurut pemerintah Eritrea dan 36 persen dari keseluruhan populasi menurut perkiraan Pew Charitable Trust pada 2010.

Ethiopia, jumlah Muslim sekitar 34 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2007. Gabon, jumlah Muslim sekitar 5 persen sampai 10 persen dari keseluruhan populasi.

Gambia, lebih dari 90 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Ghana, hanya 18 persen dari keseluruhan populasi. Guinea, sekitar 85 persen dari keseluruhan populasi. Guinea-Bissau, jumlah Muslim sekitar 40 persen dari keseluruhan populasi. 

Kenya, jumlah Muslim sekitar 10 persen dari keseluruhan populasi. Lesotho, diperkirakan ada 4.000 keluarga Muslim menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2011. Menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional tahun 2013, jumlah Muslim menurun karena migrasi ke Afrika Selatan. 

Liberia, jumlah Muslim sekitar 12,2 persen... 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA