Kamis 11 Feb 2021 17:15 WIB

NASA Pilih Falcon Heavy Luncurkan Elemen Lunar Gateaway

Dua bagian Gatewayawalnya dirancang untuk diluncurkan terpisah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
NASA memilih roket Falcon Heavy dari SpaceX untuk meluncurkan dua elemen pertama dari Lunar Gateway milik badan tersebut, sebuah pos terdepan yang direncanakan untuk mengorbit bulan.
Foto: Wallpaper Flare
NASA memilih roket Falcon Heavy dari SpaceX untuk meluncurkan dua elemen pertama dari Lunar Gateway milik badan tersebut, sebuah pos terdepan yang direncanakan untuk mengorbit bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- NASA memilih roket Falcon Heavy dari SpaceX untuk meluncurkan dua elemen pertama dari Lunar Gateway milik badan tersebut, sebuah pos terdepan yang direncanakan untuk mengorbit bulan. Dua bagian Gateway, modul propulsi dan tempat tinggal astronot, awalnya dirancang untuk diluncurkan secara terpisah, tetapi NASA memilih Falcon Heavy dari SpaceX sebagai solusi sekali jalan seharga 332 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari The Verge, Kamis (11/2), NASA dalam sebuah pernyataan Selasa (9/2), malam waktu setempat, Falcon Heavy, roket operasional terkuat SpaceX, akan mengirim baik Gateway’s Power and Propulsion Element (PPE) dan Habitation and Logistics Outpost (HALO) ke luar angkasa. Ini sebagai satu muatan terintegrasi tidak lebih awal dari Mei 2024.

Baca Juga

NASA awalnya berencana untuk memiliki APD, yang dibangun oleh Maxar dan HALO, yang dibangun oleh Northrop Grumman, rekan di luar angkasa setelah diluncurkan di atas dua roket terpisah. Namun, badan tersebut memutuskan tahun lalu untuk meluncurkannya bersama dalam satu misi untuk memotong biaya.

Sebaliknya, jenderal NASA dalam laporan yang dirilis tahun lalu menulis, hal itu berkontribusi pada kenaikan biaya karena desai ulang beberapa komponen PPE Maxar dan HALO Northrop. Ia menambahkan meluncurkan kedua elemen secara bersamaan bisa berisiko, karena muatannya mungkin terlalu besar untuk roket yang tersedia secara komersial atau terlalu lama untuk struktur logam roket.

Juru bicara NASA Monica Witt mengatakan pada The Verge, toket itu akhirnya memenuhi persyaratan kinerja NASA. Laporan itu juga menemukan menggabungkan elemen Gateway akan menghasilkan durasi penerbangan yang lebih lama ke orbit bulan, yang dapat menambah biaya tambahan untuk misi tersebut.

Di antara biaya yang termasuk dalam label harga 332 juta dolar AS yang baru-baru ini diumumkan adalah fasilitas pemrosesan muatan, kontraktor pendukung, dukungan jangkauan, propelan pesawat ruang angkasa, komunikasi dan telemetri.

Witt menolak untuk mengatakan apakah biaya akan mendukung setiap perubahan pada kerangka muatan Falcon Heavy untuk mengakomodasi ukuran dan berat yang kuat dari peluncuran dua elemen Gateway yang awalnya dirancang untuk roket terpisah. SpaceX tidak membalas permintaan komentar.

Noer Qomariah Kusumawardhani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement