Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

3 Jenis Siksaan yang Disiapkan untuk Penghuni Neraka

Rabu 10 Feb 2021 19:30 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat tiga jenis siksaan yang disiapkan untuk penghuni neraka. Ilustrasi Neraka

Terdapat tiga jenis siksaan yang disiapkan untuk penghuni neraka. Ilustrasi Neraka

Foto: Pixabay
Terdapat tiga jenis siksaan yang disiapkan untuk penghuni neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT telah memberikan pilihan untuk hamba Nya dalam menjalani kehidupan. Begitu juga ketika memilih jalan yang salah amak akan mendapat siksaan di akhirat.  

Salah satunya adalah mendapat siksaan di neraka jahanam. Siksaan ini di antaranya adalah melalui tiga jenis yaitu makanan, minuman, dan pakaian yang didapatkan penghuni neraka. 

Baca Juga

Pertama, melalui makanan ketika penghuni neraka kelaparan Allah memberikan cairan yang mendidih namun makanan tersebut tak pernah membuat mereka merasa kenyang. Makanan ini diantaranya ad-dar'i dan az-zaqum yang berisi nanah seperti pada luka bakar dan rasanya pahit.

Kedua, selain makanan, penghuni neraka juga mendapatkan minuman. Awalnya minuman tersebut terasa hangat di tenggorokan namun ketika telah berada si perut, minuman ini terasa panas mendidih. 

Hal ini karena sebenarnya air ini adalah air mendidih. Dan minuman ini pun tidak menghilangkan mereka dari rasa haus. Kisah ini pun tertuang dalam Alquran surat Muhammad ayat 15:  

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَمَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِي النَّارِ وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

"Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?. 

Ketiga, pakaian penghuni neraka ini juga merupakan siksaan yang harus diterima mereka. Pakaian mereka berbahan bara api yang berasal dari neraka. Dan tentu pakaian bara api ini akan terasa panas bahkan menbakar kulit dan badan mereka. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA