Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Dua Bulan Mars Diproyeksikan di Atas Langit Dubai

Rabu 10 Feb 2021 15:11 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Dua bulan Mars diproyeksikan di langit Dubai.

Dua bulan Mars diproyeksikan di langit Dubai.

Foto: UAE Space Agency
Warga Dubai merakayan keberhasilan Uni Emirat Arab sampai orbit Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Dua bulan Mars diproyeksikan di atas langit Dubai untuk merayakan misi ruang angkasa pertama Uni Emirat Arab (UEA) ke Planet Merah itu pada Selasa (9/2). Pesawat ruang angkasa Hope milik UEA Atiba di orbit sekitar Mars pada Selasa (9/2).

Gambar bulan Mars, Phobos dan Deimos diproyeksikan hanya beberapa jam sebelum Hope memulai manuver penyisipan orbit Mars selama 27 menit, untuk mencapai tujuan ke planet itu. Pemerintah UEA mengatakan ini adalah perayaan dari pencapaian bersejarah negara itu.

Baca Juga

“Untuk merayakan percapaian bersejarah ini, Pusat Luar Angkasa Mohammed Bin Rashid memberikan pemandangan bulan ganda, mereplikasi apa yang bisa dilihat dari permukaan Mars, yang kemudian terpancar ke seluruh langit di gurun UEA,” ujar pernyataan Pemerintah UEA, dilansir Space, Rabu (10/2).

Rekaman yang dirilis menunjukkan bagaimana perayaan ini disiapkan di gurun. Bagaimana tampilan proyeksi belum jelas, namun warga di UEA, khqususnya Dubai dapat melihat gambar bulan Mars bersama dengan cahaya di dekatnya.

Selain itu, orang-orang yang melewati imigrasi UEA pada Selasa (9/2) akan mendapatkan cap paspor dengan tinta yang terbuat dari batu basal. Ini adalah batu yang ditemukan di negara itu dan Mars, yang kemudian disiapkan dengan tinta untuk acara bersejarah ini.

Beberapa monumen juga diterangi dengan warna merah, yang identik dengan Mars, di sejumlah wilayah UEA. Hope menjadi misi yang dimaksudkan untuk menginspirasi generasi muda negara Timur Tengah itu, sekaligus mendorong negara itu dalam upaya untuk pindah ke industri baru yang ramah lingkungan, setelah beberapa dekade terakhir sumber daya utama adalah minyak Bumi.

Misi Hope lepas landas pada Juli 2020. Hanya satu dari tiga yang diperkirakan tiba di Mars bulan ini, bersama dengan misi Tianwen-1 dari China Rabu (10/2) dan helikopter penjelajah dari Badan Antariksa Amerika (NASA), Perseverance pada 18 Februari.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA