Rabu 10 Feb 2021 13:12 WIB

Film Aksi dengan Koreografi Paling Fenomenal

Film The Raid dinilai menjadi salah satu film dengan kerografi terbaik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Raid.
Foto: SinemArt.
Salah satu adegan dalam film The Raid.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film aksi kerap mengundang ketegangan lewat adegan-adegan laga yang memukau. Tak heran bila film aksi menjadi salah satu genre film yang sangat populer di industri perfilman dunia.

Di antara deretan panjang daftar film aksi, ada beberapa film yang menyajikan adegan laga tak terlupakan. Adegan-adegan laga tersebut dinilai sebagai sebuah terobosan yang menjadi pelopor dalam koreografi adegan laga.

Seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (10/2), setidaknya ada lima film koreografi adegan laga terbaik dan fenomenal. Film The Raid yang dibintangi oleh aktor asal Indonesia Iko Uwais masuk ke dalam daftar tersebut. Film ini dinilai memiliki koreografi adegan laga tak terlupakan sehingga dinobatkan menjadi film aksi terbaik ke-9 versi Screen Rant.

Dari kesepuluh film aksi terbaik tersebut, berikut ini lima film yang berada di urutan lima teratas:

1. Drunken Master (1978)

Jackie Chan juga merupakan legenda dalam genre film aksi. Koreografi adegan laga Chan bahkan masih menginspirasi hingga saat ini. Salah satu ciri khas Chan adalah menyampaikan cerita melalui gerakannya dan menggunakan komedi untuk memperkaya adegan pertarungan.

Di antara banyak karya yang telah dilakukan Chan, film Drunken Master dinilai sebagai yang paling banyak dikenal. Tokoh utama dalam film mendapatkan kekuatan besar dari minum alkohol, sehingga ada banyak aksi laga di mana tokoh utama mampu menumbangkan lawan dengan gerakan-gerakan aksi orang mabuk. Adegan seperti ini kini banyak ditiru di industri perfilman. 

2. Creed (2015)

Waralaba film Rocky telah menghadirkan banyak film aksi yang tak terlupakan. Salah satu yang paling menonjol adalah kemunculan Balboa sebagai mentor untuk anak Apollo dalam film Creed.

Film ini menjadi tambah menarik karena film Creed melakukan proses syuting adegan laga dengan cara yang dihindari oleh kebanyakan film Rocky. Pertarungan tinju dalam Creed direkam seperti pertarungan sungguhan, tanpa diedit, dan dengan metode rekaman tanpa henti. Adegan ini mencuri hati banyak penggemar film aksi.

3. Die Hard (1988)

Film klasik ini telah memberikan kontribusi unik dalam genre film aksi. Film ini memang banyak dikenal karena penampilan apik Alan Rickman dan banyak adegan dari Bruce Willis.

Namun, film ini juga mampu membuat penonton terhanyut di dalamnya. Banyak film aksi di era tersebut yang menampilkan karakter utama sebagai sosok yang tak terkalahkan. Akan tetapi, film ini mengambil langkah berbeda dan memberikan ketegangan dengan membuat tokoh utama mengalami situasi yang sangat menyulitkan.

4. Mad Max: Fury Road (2015)

Mulanya ada banyak orang yang mempertanyakan konsep membawa kembali Mad Max ke layar lebar. Meski diwarnai keraguan, film ini justru menuai banyak pujian setelah dirilis. Yang tak kalah menarik, seluruh adegan dalam film ini direkam secara nyata di lokasi syuting.

5. Enter The Dragon (1973)

Bruce Lee merupakan ikon dalam film aksi. Setiap film yang dia bintangi selalu menjadi legenda dengan caranya sendiri dan memberikan kontribusi berbeda dalam genre aksi.

Di antara banyaknya film yang dia bintangi, film Enter The Dragon dinilai sebagai yang terbaik. Enter The Dragon menjadi bukti dari dampak karya Lee terhadap genre film aksi di dunia internasional. Tak hanya itu, Enter The Dragon merupakan karya terakhir Lee sebelum menutup usia.

Beberapa film lain yang juga dinilai memiliki koreografi laga fenomenal yakni Kingsman: The Secret Service di posisi enam, The Matrix di urutan tujuh, The Bourne Identity di ranking delapan, dan John Wick di posisi 10.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement