Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Menlu RI dan Yordania Bahas Perjuangan Palestina

Selasa 09 Feb 2021 20:26 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menlu Retno tegaskan dukungan RI ke Palestina tak tergoyahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Yordania Ayman Safadi di Amman pada Selasa (9/2). Selain membahas hubungan dan kerja sama bilateral, mereka turut membicarakan isu Palestina.

“Saya menyambut keputusan pertemuan darurat Dewan Liga Arab yang digelar di Kairo yang menunjukkan dukungan kuat Liga Arab untuk perjuangan Palestina,” kata Retno dalam konferensi pers virtual bersama Safadi.

Retno mengungkapkan dia berencana bertemu menlu Palestina pada Rabu (10/2). “Dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina teguh,” ujarnya.

Sementara Safadi menyebut bahwa isu Palestina tetap menjadi prioritas negaranya. Dia mengungkapkan, pertemuan darurat Liga Arab pada Senin (8/2) lalu turut menunjukkan kesatuan sikap dan pendirian negara-negara Islam terkait perjuangan Palestina. “Perjuangan Palestina harus tetap di atas masalah regional,” katanya.

Safadi memprediksi upaya perdamaian Israel-Palestina akan lebih baik dengan pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden. “Pemerintah AS ingin memulihkan negosiasi (Israel-Palestina),” ucapnya.

Yordania, kata Safadi, bekerja sama erat dengan AS untuk mencapai tujuan bersama guna menjamin perdamaian komprehensif di kawasan. “Upaya kita terus berjalan, koordinasi kita juga berlanjut dengan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA