Selasa 09 Feb 2021 17:55 WIB

Jadwal Perjalanan KA Daop 5 Alami Perubahan

Beroperasinya jalur ganda dan peningkatan kecepatan mempersingkat perjalanan KA.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Seorang masinis memeriksa kesiapan rangkaian kereta api (KA) (ilustrasi). Jadwal perjalanan KA di Jawa, mengalami perubahan, termasuk KA yang melitas di wilayah KAI Daop 5 Purwokerto.
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Seorang masinis memeriksa kesiapan rangkaian kereta api (KA) (ilustrasi). Jadwal perjalanan KA di Jawa, mengalami perubahan, termasuk KA yang melitas di wilayah KAI Daop 5 Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jadwal perjalanan KA di Jawa, mengalami perubahan, termasuk KA yang melitas di wilayah KAI Daop 5 Purwokerto. Perubahan ini membuat perjalanan KA lebih cepat.

Baca Juga

Pejabat Yang Melaksanakan Tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono, menyebutkan, dengan perubahan jadwal ini maka waktu tempat perjalanan seluruh KA mengalami percepatan. ''Termasuk KA yang melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto,'' kata Hendra, Selasa (9/2).

Ia menjelaskan, perubahan jadwal perjalanan KA ini tertuang dalam Gapeka (Grafik Perjalanan KA) yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

''Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan PT KAI,'' kata Hendra.

Hendra menyebutkan, dari evaluasi yang dilakukan PT KAI, penerapan Gapeka 2021 ini bisa dilakukan efisiensi waktu perjalanan KA yang cukup banyak. Antara lain, efisiensi waktu perjalanan KA penumpang mencapai 5.350 menit dan KA barang mencapai 6.321 menit.

''Intinya, dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat,'' ujar Hendra.

Contohnya adalah KA Malabar relasi Stasiun Malang menuju Stasiun Bandung yang semula memiliki waktu perjalanan 16 jam 16 menit, berkurang menjadi hanya 13 jam 46 menit. ''Ada efisiensi waktu selama 150 menit,'' kata dia.

Menurutnya, ada berbagai faktor yang melatarbelakangi bisa dilakukannya efisiensi waktu dalam perjalanan KA. Antara lain, mulai dioperasikannya jalur ganda yang dibangun Kemenhub di lintas stasiun Tambak-Kebumen-Butuh dan Jombang-Mojokerto, serta elektrifikasi di lintas stasiun Solo Balapan-Yogyakarta.

''Selain itu, juga adanya peningkatan kecepatan KA di berbagai lintas. Seperti perjalanan KA di lintas Pasuruan-Probolinggo, ditingkatkan dari 60 km menjadi 90 km/jam,'' katanya.

Terkait hal ini, dia meminta agar para pengguna jasa perjalanan KA, untuk memperhatikan jadwal perubahan perjalanan KA. ''Bagi yang memesan melalui sistem online, perhatikan jadwal perjalanan yang tertera di jadwal perjalanan dan tiket KA. Jangan sampai terlambat,'' kata dia.

Seperti jadwal perjalanan KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan, semula berangkat dari Gambir pukul 21.00 WIB. Namun dengan adanya Gapeka yang baru, pemberangkatan dimajukan menjadi pukul 20.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement