Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Puluhan Mobil Pecah Ban, Jasa Marga akan Ganti Rugi

Selasa 09 Feb 2021 11:05 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

Jalan tol Cipali ambles.

Jalan tol Cipali ambles.

Foto: dok. istimewa
Proses ganti rugi dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku di perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan mobil pada Ahad (7/2) malam mengalami pecah ban saat melintas di Tol Jakarta-Cikampek kilometer 39+350 arah Jakarta. Jasamarga Transjawa Tollroad membenarkan insiden tersebut dan telah melakukan penanganan terhadap kerugian yang dialami pengendara.

“Untuk beberapa kendaraan yang mengalami bocor ban akibat lubang kemarin, saat ini tengah kami proses klaim ganti ruginya,” kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (9/2).

Widiyatmiko memastikan proses ganti rugi dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku di perusahaan. Dia memohon maaf memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jalan.

Baca Juga

Dia mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol dan tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. “Persiapkan diri dengan baik dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima, serta selalu patuhi protokol kesehatan,” ujar Widiyatmiko.

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan puluhan mobil mengalami rusak hingga pecah ban usai karena melintasi jalan berlubang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 39 arah Jakarta viral di media sosial. Puluhan mobil itu mengalami pecah ban di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta ruas Cikarang Pusat-Cibatu imbas jalan rusak berlubang.

Dalam video yang beredar, puluhan mobil terlihat terparkir di bahu jalan tol. Mobil-mobil tersebut berhenti karena ban rusak karena menghantam lubang di tengah jalur tol. Tak hanya ban, ada juga mobil yang peleknya rusak.

Lubang-lubang juga bertebaran di Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Dalam penelusuran Republika.co.id di Tol Jagorawi, Ahad (7/2), sejumlah lubang tersebar di sepanjang jalan tol tersebut. Di kilometer 30 sampai kilometer 31 contohnya, beberapa lubang berdiameter sekitar 30 sentimeter sampai 60 sentimeter berceceran.

Selain lubang, rusaknya aspal di beberapa jalur membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Beberapa kali mobil yang dikendarai Republika bahkan menghantam lubang jalan di Tol Jagorawi.

Konsentrasi pengendara juga harus ditingkatkan ketika hujan datang. Lubang-lubang di jalan beberapa jalur Jalan Tol Jagorawi menjadi lebih berbahaya karena air yang menggenang di lubang tersebut tidak terlihat oleh pengendara. Contohnya terjadi ketika mobil yang dikendarai Republika menghantam keras lubang berisi genangan air selepas melewati gerbang tol Ciawi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA