Senin 08 Feb 2021 08:34 WIB

Utusan PBB Kunjungi Iran untuk Bahas Krisis Yaman

Pemerintah AS mengakhiri dukungan untuk Arab Saudi di Yaman

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
 Reruntuhan sisa perang di Kota Sana
Foto: EPA-EFE/Yahya Arhab
Reruntuhan sisa perang di Kota Sana

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Yaman, Martin Griffiths, mengunjungi Iran untuk pertama kalinya membahas krisis Yaman, Ahad (7/2). Peristiwa itu terjadi beberapa hari setelah pemerintah AS mengumumkan diakhirinya dukungannya untuk operasi militer yang dipimpin Arab Saudi di Yaman.

"Utusan Khusus PBB Martin Griffiths telah tiba di Teheran untuk kunjungan dua hari, di mana dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif dan pejabat Iran lainnya," kata TV pemerintah Iran.

Baca Juga

Kantor Griffiths mengatakan kunjungan itu adalah bagian dari upaya diplomatik untuk mendukung penyelesaian politik yang dinegosiasikan untuk konflik tersebut. Prioritas langsung adalah untuk mendukung kesepakatan antara pihak-pihak yang bertikai tentang gencatan senjata, langkah-langkah kemanusiaan mendesak, dan dimulainya kembali proses politik.

Juru bicara Griffiths, Ismini Palla, mengatakan kunjungan tersebut telah direncanakan untuk beberapa waktu. Kunjungan terjadi pada saat dia mencoba untuk mengumpulkan lebih banyak dukungan diplomatik, regional dan internasional untuk upayanya untuk mengakhiri perang.

"Griffiths akan berkonsultasi dengan pejabat Iran tentang cara-cara untuk meringankan penderitaan rakyat Yaman," kata  kantor berita negara Iran IRNA melaporkan.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement