Kamis 04 Feb 2021 11:52 WIB

Perbaiki Kinerja, Perusahaan Karpet Ini Siap Masuk Bursa

Dana segar yang diraih dari pasar modal akan dimanfaatkan untuk peningkatan usaha

PT Lung Victory Carpet (LVC) yang berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan industri karpet.
Foto: istimewa
PT Lung Victory Carpet (LVC) yang berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan industri karpet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–-Tampil di bursa saham akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan. Selain menambah modal usaha, tampil di bursa juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap citra maupun kinerja perusahaan. 

Hal itu dilakukan PT Lung Victory Carpet (LVC) yang berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) guna mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan industri karpet. Produsen karpet terintegrasi yang berdiri sejak 1994 ini melihat bisnis karpet di Tanah Air masih sangat potensial. "Kami melihat bahwa manfaat menjadi perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia cukup besar,” ujar Anton Sasmita, presiden direktur PT Lung Victory Carpet, dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (4/2). 

Anton  menambahkan, dana segar yang diraih dari pasar modal akan dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas pabrik perseroan. Situasi pandemi Covid-19 saat ini, saat yang tepat untuk berbenah diri, termasuk meningkatkan good corporate governance (GCG) perusahaan. Pandemi yang meruyak di Indonesia sejak Maret 2020 membuat Lung Victory Carpet tidak hanya bertahan, tapi juga melakukan restrukturisasi usaha. “Prinsip kami adalah bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin. Di tengah pandemi kami terus berbenah, termasuk meningkatkan pemanfaatan pemasaran secara digital,” paparnya. 

restrukurisasi usaha yang dilakukan perusahaan membuatnya kian lincah memasuki potensi pasar baru. "Setelah restrukturisasi usaha, kini kami memiliki divisi custom yang menangani proyek-proyek, divisi ritel, dan divisi ekspor. Ini saat yang tepat bagi kami, karena di saat situasi pandemi justru bursa tetap dinamis dan melahirkan emiten-emiten baru.” papar Komisaris Independen Lung Victory Carpet Jahja B. Soenarjo

Lung Victory Carpet merupakan salah satu pabrik karpet terbesar di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis karpet. Produk utama perseroan adalah karpet custom design dengan menggunakan mesih dari Eropa. “Saat ini, pangsa pasar kami sekitar 20 persen untuk segmen karpet custom design, dan terus bertumbuh,” ujar Anton Sasmita. 

Produk perseroan cukup beragam di antaranya robo-tufted carpet yang diproduksi dengan robot mutakhir dan mampu menghasilkan karpet tiga dimensi, karpet rumput buatan, lalu axminster carpet untuk ruangan besar, kemudian hand tufted carpet and rugs yang diproduksi dengan ketrampilan tangan terlatih, bath mat, dan fire retardant fabric sebagai bahan tahan api. 

Konsumen produk perseroan dari beragam segmen, seperti hotel berbintang, apartemen, kantor, perumahan, dan villa serta fasilitas umum. Perusahaan ini memiliki pabrik terintegrasi di Bandung, Jawa Barat, yang mengolah bahan baku menjadi produk berkualitas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement