Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Sunnah dan Doa Suami Setelah Akad Nikah untuk Istrinya

Kamis 04 Feb 2021 06:45 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Sunnah dan Doa Suami Setelah Akad Nikah untuk Istrinya

Sunnah dan Doa Suami Setelah Akad Nikah untuk Istrinya

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Suami disunnahkan menunjukkan kasih sayang kepada istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai melangsungkan akad nikah, terdapat banyak sunnah yang dapat dikerjakan oleh pasangan suami-istri. Salah satunya adalah disunnahkan bagi suami untuk menunjukkan kasih sayang kepada istri.

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunah, dan Para Ulama menjelaskan, telah diriwayatkan bahwa Imam Syafii menganjurkan agar yang dilakukan pertama kali oleh seorang suami terhadap istrinya seusai pernikahan mereka adalah menujukkan kasih sayang.

Baca Juga

Yakni bisa dengan mengusap kepala istrinya itu sambil mendoakan keberkahan dan keberuntungan bagi istri sekaligus dirinya sendiri sebagai suami. Sambil mengusap kepala istri, maka ucapkanlah doa: “Allahumma baarikli fi ahli wa baarik li-ahli fiyya warzuqhum minni warzuqniy minhum.”

Yang artinya: “Ya Allah ya Tuhan, berkahilah aku dalam permasalahan keluargaku. Berkahilah keluargaku dalam permasalahanku, berilah keluargaku (istri dan keturunan) rezeki dariku, dan berilah aku rezeki dari mereka." Doa ini merupakan hadis riwayat At-Thabrani.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA