Kamis 04 Feb 2021 05:59 WIB

Islam di Myanmar, Pernah Lampaui Jumlah Umat Budha Lokal  

Jumlah umat Islam di Myanmar pernah melampaui penganut Budha lokal

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Jumlah umat Islam di Myanmar pernah melampaui penganut Budha lokal. Ilustrasi Muslim Myanmar
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Jumlah umat Islam di Myanmar pernah melampaui penganut Budha lokal. Ilustrasi Muslim Myanmar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Muslim Rohingya diklasifikasikan sebagai salah satu kelompok yang paling teraniaya di dunia karena menjadi objek genosida sistematis oleh tentara Myanmar. 

Namun situasi umat Muslim di Myanmar sekarang ini berbeda dengan zaman dulu ketika orang-orang Muslim pertama kali datang ke Myanmar. 

Para sejarawan berpendapat bahwa kemunculan pertama umat Islam di Myanmar terjadi pada abad ke-7 ketika para pelancong Arab hendak menuju ke Tiongkok. Perjalanan mereka dimulai melalui delegasi dari Madagaskar ke wilayah Myanmar.

Namun, baru pada abad ke-9 Masehi, umat Islam mulai menyebar secara signifikan di wilayah Myanmar, sebelum berdirinya Kekaisaran Burma Pertama pada 1055 oleh Raja Anorata.

Para pelancong Muslim tiba di Myanmar melalui pantai Taninthari. Sebagian besar adalah pedagang, pengembara, pelaut, tawanan perang, pengungsi atau pelarian dari perbudakan di berbagai belahan dunia. 

Artinya, Muslim yang datang ke Myanmar berasal dari Persia, Turki, India, Cina, atau Malaysia.

Baca juga : 5 Dzikir Khusus Harian yang Disukai Allah SWT dan Manfaatnya

Kehadiran umat Islam pada waktu itu terkonsentrasi di desa-desa selatan dan permukiman dekat perbatasan Thailand saat ini. Jumlah mereka berlipat ganda di selatan hingga melebihi jumlah umat Buddha lokal. Mereka juga menikah dengan banyak kelompok etnis di Myanmar seperti Arakanese, Shan, Karen, Mon, dan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement