Monday, 21 Jumadil Akhir 1443 / 24 January 2022

7 Golongan yang Doanya akan Dikabulkan Allah SWT

Selasa 02 Feb 2021 05:58 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat tujuh kelompok yang doanya akan dikabulkan Allah SWT. Berdoa (Ilustrasi)

Terdapat tujuh kelompok yang doanya akan dikabulkan Allah SWT. Berdoa (Ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan
Terdapat tujuh kelompok yang doanya akan dikabulkan Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berdoa adalah salah satu bentuk ibadah atau penghambaan diri seorang hamba kepada sang pencipta. 

Allah SWT sangat menyukai manusia yang banyak meminta dan memohon kepada-Nya dalam berbagai keadaan dan dalam hal apa pun.

Doa-doa yang dipanjatkan tersebut ada yang dikabulkan dan ada yang tidak dikabulkan. Namun, ada beberapa orang yang doanya tidak tertolak, seperti dikutip dari buku berjudul Kumpulan Doa Makbul karya Neni Nuraeni.

Berdasarkan hadits-hadits nabi, Neni Nuraeni menyimpulkan bahwa setidak ada tujuh orang yang doanya tidak ditolak, yaitu doa dari orang tua untuk anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, doa orang yang teraniaya, doa pemimpin yang adil, doa seorang musafir, doa seseorang bagi lainnya yang saling berjauhan, dan doa orang sakit. Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Anas bin Malik RA: 

وعن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثلاث دعوات لا ترد: دعوة الوالد، ودعوة الصائم، ودعوة المسافر.

“Tiga orang yang tidak akan tertolak (doanya), yaitu; doa orang tua bagi anaknya, doa orang yang berpuasa, dan doa musafir.” (HR Al-Baihaqy). 

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ ‏"

“Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa ragu lagi, yaitu; doa bapak, doa musafir, dan doa dari orang yang teraniaya.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Turmudzi). 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA