Senin 01 Feb 2021 19:04 WIB

Mobil Langka Mendiang Paul Walker Dilelang, Berapa Harganya?

Mobil langka BMW M1 milik Paul Walker akan dilelang.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
BMW M1 milik mendiang Paul Walker.
Foto: AHG BMW M1 via autoblog
BMW M1 milik mendiang Paul Walker.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Paul Walker merupakan aktor yang sangat dekat dengan dunia otomotif. Mengingat, ia merupakan salah satu pemeran utama dalam film Fast & Furious yang seakan jadi tontonan wajib bagi para pecinta mobil.

Semasa hidupnya, aktor yang meninggal pada November 2013 itu sempat mengoleksi sejumlah mobil high performace. Salah satu mobilnya yang paling menarik adalah BMW M1.

Baca Juga

Dilansir dari Car Advice pada Senin (1/2), kini mobil lansiran 1980 itu telah masuk balai lelang di California, Amerika Serikat (AS). Tentu, mobil ini akan sangat diincar oleh pecinta supercar terutama yang memiliki kegemaran dengan Paul Walker atau BMW.

Diperkirakan, mobil ini memiliki nilai sekitar 445 ribu dolar AS atau Rp 6,2 miliar. Nilai itu pun besar kemungkinan untuk melonjak, mengingat, mobil ini berada dalam kondisi prima dalam catatan jarak tempuh yang sangat rendah.

Apalagi, mobil mid-engined ini hanya diproduksi sebanyak 400 unit. Soal dapur pacu, mobil ini dibekali dengan mesin enam siliner segari 3,5 liter dengan tenaga 204 kW.

Secara desain, mobil ini terbilang unik karena BMW jarang menghadirkan mobil dengan desain seperti BMW M1 ini. Apalagi, mobil ini dibekali dengan ZF-sourced five-speed dogleg manual gearbox dan adjustable suspension yang membuat mobil ini menghadirkan akselerasi dan handling yang mumpuni.

Sebenarnya, mobil mid-engined pertama dari BMW ini juga sempat mengalami drama selama masa pengembanganya. Mengingat, awalnya produk ini merupakan produk yang dikembangkan lewat kolaborasi antara BMW dan Lamborghini.

Tapi ternyata, sinergi itu harus kandas di tengah jalan dan akhirnya BMW melanjutkan rencana tersebut lewat proses produksi BMW M1 pada 1978 hingga 1981. Selanjutnya, inovasi ini pun jadi cikal bakal hadirnya mobil konsep BMW Nazca C2 dan BMW Seri 8.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement