Jumat 29 Jan 2021 18:42 WIB

Tak Semua Jenis Usaha Terhantam Pandemi, Ekspedisi Contohnya

Bisnis ekspedisi justru melonjak drastis sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Sejumlah pekerja menyusun paket sepeda motor yang akan dikirim melalui jasa pengiriman.
Foto: ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Sejumlah pekerja menyusun paket sepeda motor yang akan dikirim melalui jasa pengiriman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi virus corona Covid-19 yang berkepanjangan membuat banyak bisnis ambruk. Namun ada juga bisnis yang justru makin moncer di kala pandemi Covid-19 yakni jasa pengiriman atau ekspedisi.

Bisnis ekspedisi justru melonjak drastis sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu. Bos Ninja Xpress Ardhianto Porbo Hartono mengakui adanya lonjakan tajam.

"Lagi pandemi seperti sekarang, alhamdulillah justru paketan hampir tiap hari overload karena semakin meningkatnya pesanan  di marketplace. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah beralih ke sistem daring dalam hal belanja kebutuhan mereka," ujar Ardhianto, Kamis (28/1).

photo
Bos Ninja Xpress Ardhianto Porbo Hartono. - (Dok. Pri)

Tren bagus di bisnis ekspedisi sebenarnya bukan terjadi saat Pandemi Covid-19 berlangsung saja. Tingkat kenaikan sudah berlangsung sejak 2019 lalu. Hal inilah yang mendasari Ardhianto merintis bisnis ekspedisi bersama Ninja Xpress. 

"Saya memulai sejak 2 tahun lalu karena sekarang jasa ekspedisi sangat dibutuhkan banyak orang seiring dengan banyaknya marketplace dan startup yang ada di Indonesia," kata dia.

Ninja Xpress sendiri terbilang merupakan pemain baru di bisnis ekspedisi. Namun, Ardhianto tak gentar dengan persaingan ketat di bisnis ekspedisi ini. Ninja Xpress menawarkan banyak kelebihan dibandingkan yang lain.

"Ekspedisi kami harga lebih terjangkau dibandingkan yang lain. Kami juga lebih maksimal dari segi pelayanan karena mempunyai banyak mitra yang bisa melakukan pickup paket dan bisa sampe malam hari," kata Ardhianto.

"Saya memilih berwiraswasta karena dengan berwiraswasta lebih banyak tantangan, bisa membikin kita lebih percaya diri, membentuk pribadi baik dan bermanfaat untuk orang lain," ujarnya menambahkan. 

Ke depannya  Ardianto ingin memperkuat sistem dan membuka lebih banyak mitra agar menjangkau semakin banyak daerah di Indonesia. "Sekarang kami sudah menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia," kata Ardhianto. 

Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan merupakan tujuan utama Ardhianto sesuai dengan moto hidupnya. "Prinsip hidup saya selalu rendah hati dan bisa membahagiakan diri sendiri, keluarga, dan orang lain serta bisa bermanfaat bagi orang banyak," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement