Jumat 29 Jan 2021 13:05 WIB

Satgas Klaim BOR RS di 47 Daerah Terapkan PPKM Menurun

Daerah yang melaksanakan PPKM di Banten, DKI, Jateng, dan Jatim mengalami penurunan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mas Alamil Huda
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik dalam hal logistik vaksin
Foto: Satgas Penanganan Covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik dalam hal logistik vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tren pemakaian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) di 47 kabupaten/kota yang menerapkan pembatasan kegiatan (PPKM) tercatat semakin menurun. Namun, upaya penurunan tetap harus terus dilakukan. 

"Angkanya masih perlu ditekan agar bisa lebih rendah dari 70 persen," ujar Wiku, Jumat (29/1).

Secara umum, lanjut Wiku, kabupaten/kota yang melaksanakan PPKM di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mengalami penurunan persentase BOR selama masa pembatasan kegiatan. Selain itu, Wiku juga menyampaikan tren kepatuhan protokol kesehatan di 77 kabupaten/kota yakni jumlah orang yang dipantau, jumlah orang ditegur, dan persentase orang ditegur mengalami peningkatan pada masa PPKM.

"Secara umum, dengan evaluasi dari indikator ini masih diperlukan waktu untuk melihat dampak pelaksanaan PPKM minimal pada akhir Januari atau awal Februari 2021," ujar dia.

 

Wiku juga menyampaikan, di 77 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM tercatat masih terdapat 64 daerah yang mengalami peningkatan persentase kasus aktif, 54 kabupaten/kota mengalami penurunan persentase angka kematian, dan 21 daerah mengalami kenaikan persentase kesembuhan.

"Secara umum tren angka kesembuhan menurun," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement