Kamis 28 Jan 2021 14:34 WIB

Plt Wali Kota Tasikmalaya tak Divaksin karena Usia

Plt Wali Kota tak divaksin lantaran usianya sudah melebihi 60 tahun.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Plt Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf
Foto: Republika/Bayu Adji P
Plt Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya ctak akan menjalani vaknisasi Covid-19. Namanya tak masuk dari 10 daftar yang menerima vaksin pertama di Kota Tasikmalaya. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, perwakilan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya yang akan menerima vaksin pertama adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Ivan Dicksan. Menurut dia, Plt Wali Kota tak divaksin lantaran usianya sudah melebihi 60 tahun.

Baca Juga

"Pak Yusuf usianya sudah melewati batas prioritas, jadi kita tak memaksakan. Seperti Pak Wapres juga kan tak divaksin," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (28/1).

Ia mengatakan, Plt Wali Kota sebenarnya sangat ingin divaksin Covid-19. Namun, pihaknya tak mau mengambil risiko lantaran vaksinasi hanya diperuntukan untuk 18-60 tahun.

Dalam beberapa kesempatan, Yusuf mengaku siap menerima vaksinasi Covid-19. "Tak ada masalah saya siap. Karena vaksin ini akan menguatkan imun kita," kata dia. 

Baca juga : Mutasi Lima Jabatan Bintang Tiga di TNI AD, Ini Daftarnya

Ia juga meminta masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sebab, vaksinasi adalah salah satu cara untuk mengatasi pandemi yang belum berakhir ini. "Saya minta tidak ada berita menyesatkan tentang vaksin," kata dia.

Berdasarkan data yang didapat Republika dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dari 10 nama penerima vaksin pertama tak ada nama Wali Kota Tasikmalaya. Dari perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, hanya ada nama Sekretaris Daerah (Sekda) Ivan Dicksan.

Selain kepada Ivan, vaksinasi pertama di Kota Tasikmalaya akan diberikan kepada Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim, Kapolresta Tasikmalaya AKPB Doni Hermawan, perwkailan Kejari Kota Tasikmalaya Yustika, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno, Danlanud Wiriadinata Letkol Nav Djoko Purnomo, perwkilan Kemenag Kota Tasikmalaya, Ketua FPP Kota Tasikmalaya KH Nono Nurul Hidayat, tokoh masyarakat, dan selebgram Kota Tasikmalaya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement