Rabu 27 Jan 2021 20:37 WIB

Jutaan Orang Memandang Perubahan Iklim Jadi Masalah Darurat

Hampir dua per tiga orang disurvei memandang perubahan iklim sebagai darurat global.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Perubahan iklim (Ilustrasi)
Foto: PxHere
Perubahan iklim (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Terlepas dari pandemi, hampir dua pertiga orang di seluruh dunia sekarang memandang perubahan iklim sebagai keadaan darurat global. Itulah temuan kunci dari jajak pendapat terbesar yang pernah dilakukan tentang penanggulangan pemanasan global.

Lebih dari satu juta orang di 50 negara mengambil bagian dalam survei, dengan hampir separuh peserta berusia antara 14 dan 18 tahun. Pelestarian hutan dan lahan muncul sebagai solusi paling populer untuk mengatasi masalah tersebut, dilansir di BBC, Rabu (27/1).

Baca Juga

Jajak pendapat tersebut, yang disebut "People's Climate Vote", diselenggarakan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) bersama dengan Universitas Oxford.

Penyelenggara mendistribusikan pertanyaan polling melalui iklan di aplikasi game seluler di 50 negara, antara Oktober dan Desember tahun lalu.

Sekitar 1,22 juta orang dari semua jenis kelamin, usia, dan latar belakang pendidikan mengambil bagian, tetapi dengan jumlah orang yang lebih muda yang signifikan. Sekitar 550.000 orang berusia 14-18 ikut polling.

Di semua negara, 64 persen peserta melihat perubahan iklim sebagai keadaan darurat, yang membutuhkan tanggapan segera dari berbagai negara.  Margin kesalahan adalah +/- 2 persen. Hasil ini bervariasi menurut usia dan lokasi.

Di Inggris dan Italia, 81 persen setuju dengan pertanyaan tersebut, sementara ini turun menjadi 50 persen di antara mereka yang menjawab dari Moldova.

Presiden AS yang baru dilantik Joe Biden dapat merasa lega bahwa 65 persen dari mereka yang polling di AS sekarang memandang perubahan iklim sebagai keadaan darurat.

Secara keseluruhan, orang yang lebih muda lebih cenderung setuju dengan pandangan bahwa kenaikan suhu adalah keadaan darurat, dengan hampir 70 persen setuju. Untuk orang yang berusia di atas 60 tahun, angka ini turun menjadi 58 persen.

"Orang-orang ketakutan, mereka melihat kebakaran hutan di Australia dan California, mereka melihat badai kategori lima dan di Karibia, mereka melihat banjir di Asia Tenggara," kata Cassie Flynn, penasihat strategis UNDP.

"Dan mereka melihat sekeliling mereka dan berkata, ini masalah nyata. Kita harus melakukan sesuatu tentang ini." tambahnya.

Apa saja kebijakan populer dalam memerangi perubahan iklim?

Tindakan yang cenderung disukai orang dalam menangani perubahan iklim bergantung, sampai batas tertentu, pada tempat tinggal orang. Di delapan dari 10 negara dengan emisi tertinggi dari pembangkit listrik, mayoritas memilih menggunakan lebih banyak energi hijau.

Tetapi di negara-negara dengan emisi yang lebih besar dari deforestasi dan perubahan penggunaan lahan, terdapat dukungan mayoritas untuk melestarikan hutan dan lahan. Ini muncul dari keseluruhan survei sebagai kebijakan paling populer untuk menangani perubahan iklim, dengan selisih yang sempit.

Empat kebijakan teratas untuk mengatasi perubahan iklim:

 1. Melestarikan hutan dan lahan (54 persen)

2. Gunakan tenaga surya, angin, dan energi terbarukan (53 persen)

3. Teknik pertanian ramah iklim (52 persen)

4. Menginvestasikan lebih banyak uang dalam bisnis dan pekerjaan ramah lingkungan (50 persen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement