Rabu 27 Jan 2021 19:12 WIB

Seperti Apa Respons dan Dampak Zakat di Amerika Serikat?

Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris. Bendera Amerika Serikat
Foto: anbsoft.com
Zakat di Amerika serikat sempat dicitrakan sebagai bagian teroris. Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Awalnya citra zakat, infak, dan sedekah di Amerika Serikat buruk dan dikaitkan dengan teroris. Sekarang citranya semakin baik dan banyak berkontribusi terhadap masyarakat Amerika Serikat.

Associate Professor University of California Riverside, Prof Muhamad Ali, mengatakan kalau bicara tentang Islam di Amerika Serikat dan di Barat secara umum, citra negatifnya masih cukup kuat dan zakat salah satunya. Biasanya zakat atau yang dikenal sebagai charity sering dihubungkan dengan teroris terutama setelah peristiwa 11 September. 

Baca Juga

"Jadi ada beberapa yayasan di Amerika yang dianggap dan dituduh ikut terlibat dalam membiayai teroris di luar negeri," kata Prof Ali saat Webinar Jurnalisme Zakat bertema Zakat dan Jurnalisme: Ujian Pandemi dan Tantangan Era Digital yang diselenggarakan Baznas pada Rabu (27/1). 

Dia menerangkan, citra negatif ini terjadi sejak 2001. Sampai harus dibuktikan apakah lembaga charity milik Muslim di Amerika Serikat tidak terlibat dalam membiayai gerakan-gerakan yang dianggap sebagai musuh Amerika Serikat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement